Diapresiasi Pusat, Pemungutan Suara Pilkades Serentak di TPS Bakalan Lamongan Dipantau Kemendagri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diapresiasi Pusat, Pemungutan Suara Pilkades Serentak di TPS Bakalan Lamongan Dipantau Kemendagri

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Minggu, 26 Juni 2022 22:52 WIB

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf saat sidak pelaksanaan pilkades serentak di Desa Bakalanpule.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 61 desa dari 24 kecamatan di melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Minggu (26/6/2022).

Pilkades yang melibatkan ribuan personel gabungan TNI, Polri, dan Linmas untuk mengamankan itu diikuti 138 calon kades dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 135.236 orang yang tersebar di 332 TPS.

Pilkades serentak yang diselenggarakan saat pandemi Covid-19 itu mendapatkan perhatian dari Yusharto Huntoyungo. Ia bahkan memantau langsung proses pemungutan suara di , Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, secara virtual.

Melihat alur pemilihan suara di TPS yang menggunakan prosedur protokol kesehatan ketat itu, Dirjen Yusharto mengapresiasi usaha Pemkab Lamongan dalam mempersiapkan pilkades aman dan sehat untuk masyarakatnya.

“Kita melakukan pemantauan langsung pelaksanaan pilkades yang telah dipersiapkan demikian baik oleh Pemkab Lamongan. Proses pemilihan juga tetap menggunakan protokol kesehatan dengan mengikuti step-step di mana dalam pelaksanaannya menerapkan 5 M,” ucap Yusharto dalam Rapat Pemantauan Pemilihan Kades Serentak Tahun 2022 yang turut dihadiri dan Forkopimda Lamongan di Ruang Command Center Pemkab Lamongan.

Pemberian izin pelaksanaan pilkades tentu telah melalui berbagai prosedur yang ketat mengingat masih dalam kondisi pandemi. Di mana telah berada pada situasi PPKM level 1 serta capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 yang melebihi 60 persen.

Seperti diungkapkan Wabup Abdul Rouf, capaian vaksinasi dosis 1 telah mencapai 89,21 persen atau 948.774 jiwa, dosis 2 mencapai 78,46 persen atau 834.431 jiwa, dan dosis 3 sejumlah 201.302 jiwa atau 18,93 persen. Meski demikian dalam proses pemilihan suara tetap menjalankan prokes ketat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video