Wujudkan Kawasan Minapolitan di Randuboto, Bupati Gresik Serahkan Bantuan Bedah RTLH

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Senin, 27 Juni 2022 23:40 WIB

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat menyerahkan bantuan bedah RTLH dan sertifikat. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 5 perwakilan penerima bantuan sertifikat PTSL Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan non-RTLH serta bantuan sanitasi dan saluran air bersih kepada Kelompok Swadaya Masyarakat Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Senin (27/6/2022).

Kegiatan itu dikemas dengan acara doa bersama program Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi Minapolitan sekaligus penyerahan sertifikat hak milik (SHM) PTSL di kawasan program DAK Integrasi Kementrian PUTR di TPI Desa Randuboto.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan program kawasan minapolitan di Kota Pudak telah masuk dalam rencana tata ruang wilayah Kabupaten , wilayah itu meliputi Kecamatan Bungah, Sidayu, dan Ujung Pangkah.

Untuk Kecamatan Sidayu, salah satunya di Desa Randuboto. Desa ini masuk dalam rencana program Minapolitan.

"Ini semua bertujuan untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Pembangunan di desa tidak lepas dengan panduan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan bentuk kolaborasi yang luar biasa dari multisektor, multiaktor, dan multiprogram yang dilakukan secara komprehensif. Kerjasama yang belum tentu dilakukan Kabupaten/Kota lain," urai Gus Yani (sapaan akrabnya).

Bupati berterima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam pelaksanaan Minapolitan. Ia mengungkapkan, sebagai pendukung kawasan minapolitan nanti akan dibangun stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) untuk nelayan dengan harga bersubsidi.

"Mudah-mudahan kolaborasi yang biasanya dilakukan oleh swasta, hari ini kita tunjukkan bahwa pemerintah bisa melakukan revitalisasi kawasan kumuh menjadi kawasan yang mempunyai peluang ekonomi," tuturnya.

"Saya berharap, program DAK Integrasi Kementrian PUTR untuk penataan kawasan pemukiman dan kawasan minapolitan rampung dan tepat waktu pembangunannya sesuai harapan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Dading Wirya Kusuma selaku perwakilan ATR/BPN menyebut dari total 127 sertifikat ada 65 bidang bagian dari DAK 2022 dan selebihnya 59 di luar DAK.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video