​Wabup Gus Barra Berhasil Raih Gelar Doktor dari Universitas Padjadjaran Bandung

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Selasa, 28 Juni 2022 23:03 WIB

Doktor Muhammad Al Barra sedang diapit kedua orang tuanya dan istri, serta tim promotor doktor.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto Muhammad Albarraa Lc. M.hum berhasil meraih gelar doktor (S3) dengan predikat atau nilai sangat memuaskan dari , , Selasa (28/6/2022).

Wabup Mojokerto yang akrab disapa itu menyampaikan disertasi berjudul “Naskah Perjuangan Kiai Abdul Wahab: Edisi Teks dan Kajian Historiografi ,” Karya Kiai Abdul Chalim dalam Sidang Promosi Doktor Program Studi Ilmu Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, .

Disertasi itu ditulis langsung oleh , sebagai putra Ketua Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru (Pergunu) dan Pengasuh Pondok Pesantren Internasional Amanatul Ummah MA, dalam memperoleh gelar doktor bidang Ilmu Sastra Fakuktas Budaya.

Penelitian itu dilakukan untuk menghasilkan teks yang bersih dari kesalahan sebagai dasar pengungkapan peranan tokoh KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Abdul Halim dalam proses perjalanan berdirinya .

Disertasi itu membahas tiga hal yang menjadi rumusan, yaitu: Bagaimana edisi teks naskah Sejarah Perjuangan KH Abdul Wahab yang bersih dari kesalahan. Bagaimana historiografi NU dan pendirinya versi naskah Sejarah Perjuangan Kiai Haji Abdul Wahab. Dan bagaimana peran KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Abdul Halim dalam pendirian NU versi naskah Sejarah Perjuangan Kiai Haji Abdul Wahab.

Setelah menguraikan pemaparan dengan lugas dan terarah, berbagai pertanyaan pun ditanyakan oleh tim promotor. Semuanya pun bisa dijawab oleh dengan penuh percaya diri dan benar. Setelahnya, sidang promosi doktor pun diskors sekitar 15 menit, untuk rapat penilaian oleh ketua sidang bersama promotor.

Alhasil, Ketua Sidang Prof. Aquarini Priyatna, MA., M.Hum., Ph.D. menyampaikan Muhammad Albarraa lulus dari program studi Doktor Ilmu Sastra dengan yudisium sangat memuaskan. Yang langsung disambut dengan tepuk tangan peserta sidang.

"Oleh karena itu, sesuai dengan sistem akademik, mulai hari ini saudara berhak menggunakan gelar doktor. Kami ucapkan selamat kepada saudara Muhammad Albarra. Semoga gelar doktor ini bermakna untuk pencapaian saudara di masa yang akan datang. Teruslah saudara untuk berakselerasi dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara," ungkap Prof. Aquarini Priyatna.

Lebih lanjut ketua sidang mengatakan, perlu diketahui ijazah doktor tidak diserahkan pada sidang hari ini, melainkan dalam wisuda mendatang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video