BPBD Pamekasan Gelar Simulasi Gempa di IAIN Madura | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPBD Pamekasan Gelar Simulasi Gempa di IAIN Madura

Editor: Rohman
Wartawan: Dimas MS
Kamis, 30 Juni 2022 00:16 WIB

Simulasi penanganan gempa bumi di IAIN Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - BPBD menggelar simulasi penanganan gempa bumi yang diikuti kebakaran di Kampus IAIN Madura. Salah satu anggota BPBD , Budi Cahyono, memastikan hal tersebut. 

"Semua itu adalah pelaksanaan simulasi penanganan gempa bumi yang diikuti oleh kebakaran, Pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk kesiapan bencana di Kampus IAIN Madura. Yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan semua unsur yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana IAIN Madura," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (29/6/2022). 

Ia menceritakan kesiapan Tim Penanggulangan Bencana IAIN dalam menghadapi bencana alam. Di mana gempa bumi berkekuatan 4.5 SR, dengan kedalaman 15 km di darat dan episenter di Kecamatan Tlanakan, Kabupaten , atau di Kampus IAIN terjadi pada hari ini pukul 08.30 WIB. 

Kemudian, BPBD langsung melakukan pemantauan lapangan untuk mengetahui dampak dari gempa ini. Di saat yang hampir bersamaan, ada telpon dari Rektorat IAIN yang mengabarkan ada beberapa pegawai dan mahasiswa terjebak di antara reruntuhan tembok dan plafon serta kayu akibat gempa yang terjadi. 

Situasi diperparah dengan korsleting kabel listrik yang menyebabkan percikan api dan sempat membakar plafon. Selanjutnya, PusdalOps PB BPBD menerjunkan tim assessment untuk mengecek dan meninjau lokasi serta kebutuhan peralatan di lapangan.

Sementara itu personel IAIN Madura bersiap melakukan evakuasi. Lalu, tim assessment menghubungi Damkar untuk melakukan pemadaman dan tim mematikan jalur listrik agar aman. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video