Wali Kota Optimis, Mesin Pengolahan Sampah TPA Tlekung Bisa Atasi Permasalahan Sampah Kota Batu

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Adi Wiyono
Sabtu, 02 Juli 2022 15:01 WIB

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko meninjau proses pengoperasian mesin pengelolaan sampah.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - , Hj. optimis hasil kerja sama dengan Arta Asia Putra dapat menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Batu. Dengan catatan, mesin tersebut berfungsi dengan maksimal.

Hal itu disampaikan usai meninjau langsung uji coba dan pengelolaan sampah menggunakan sistem pesat (pengelolaan sampah terpadu) di , Kecamatan Junrejo, Sabtu (2/7/2022).

Mesin pengolah sampah di akan dioperasikan hingga malam hari. 

"Ini merupakan komitmen kami di dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Batu. Insya Allah seluruh sampah bisa kita selesaikan," tambah Dewanti

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aries Setiawan, yang mendampingi wali kota, menjelaskan jenis pyrolisis ini mampu mengurangi sampah hingga 50 ton hingga 80 ton per hari.

"Arahan Bu Wali Kota untuk beroperasi di malam hari, yang berarti sampai 2 kali lipat kemampuan mesin tersebut. Diharapkan tahun ini permasalahan bisa diselesaikan,” harap Aries.

Aries mengungkapkan, sampah yang masuk sekitar 120 ton hingga 160 ton. Dengan pengolahan sampah mulai dari pemilahan, pencacahan, dan pemprosesan, DLH berupaya untuk bisa zero waste.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video