Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional, Stafsus Menkominfo: 19,1 Juta UMKM Telah Terdigitalisasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional, Stafsus Menkominfo: 19,1 Juta UMKM Telah Terdigitalisasi

Editor: Redaksi
Jumat, 15 Juli 2022 13:47 WIB

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang, saat membuka acara Webinar Forum Digitalk: Road to BBI Papua 2022 “UMKM Lokal Berdaya Saing Global” di Papua, Kamis (14/07/2022).

PAPUA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan layanan digital bagi pelaku dalam meningkatkan perekonomian yang lebih produktif dan progresif. Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, .

Menurutnya, layanan digital yang disediakan memberikan kesempatan bagi pelaku dan sebagai penopang atau tulang punggung perekonomian nasional.

"Sejauh ini, yang sudah beralih ke layanan digital telah mencapai 19,1 juta. Ini sesuatu yang menggembirakan, bahwa di tengah tantangan global akibat pandemi Covid-19 selama lebih dari 2 tahun, kita menyaksikan dan mengalami sendiri perkembangan kita yang terus bergerak maju," ujarnya saat membuka acara Webinar Forum Digitalk: Road to BBI Papua 2022 “ Lokal Berdaya Saing Global” di Papua, Kamis (14/07/2022).

Stafsus menilai, perkembangan tersebut merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi Indonesia. Sehingga diharapkan angka tersebut terus bertumbuh seiring dengan perkembangan produktivitas, kreativitas, inovasi para pelaku di seluruh Indonesia, termasuk dari Papua.

Di samping itu, pemerintah terus berupaya menyediakan layanan digital bagi pelaku yang menjadi kekuatan ekonomi skala nasional. Namun tantangan ke depan yang harus dihadapi bersama adalah bagaimana mendorong 65,4 juta di tanah air juga menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

"Sekitar 61% dari produk nasional yang menjadi penopang produk domestik bruto. Ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, karena di dalamnya terdapat penyerapan tenaga kerja sebesar 97% dari sektor ," jelasnya.

Selain itu, Stafsus Menteri Kominfo mengungkapkan berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan pemerintah secara nasional untuk mendorong lebih banyak bermigrasi ke berbagai platform digital.

“Pemerintah dalam hal ini berfokus pada setidaknya tiga langkah, yaitu bagaimana memperbaiki regulasi agar para mendapatkan kemudahan untuk memanfaatkan ruang-ruang digital yang tersedia. Kedua, mendorong pembangunan infrastruktur digital sebagai bagian penting untuk mendukung migrasi ke ruang-ruang digital. Dan yang ketiga, tentu saja adalah menyediakan berbagai program pelatihan untuk meningkatkan daya saing ,” tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video