Kembangkan Wisata Religi, Disbudpar Banyuwangi Ajak Wisatawan Kunjungi Makam Datuk Abdurrahim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kembangkan Wisata Religi, Disbudpar Banyuwangi Ajak Wisatawan Kunjungi Makam Datuk Abdurrahim

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Teguh Prayitno
Sabtu, 16 Juli 2022 01:41 WIB

Makam Waliyullah Datuk Abdurrahim. Inset, Kepala Disparbud Banyuwangi Muhamad Yanuar Bramuda.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Ternyata  tidak hanya memiliki potensi alam yang menjadi jujukan para wisatawan. Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of The Java ini ternyata juga memiliki potensi destinasi wisata religi.

Salah satunya Makam Waliyullah Datuk Abdurrahim bin Abu Bakar bin Abdurrahim Bauzir, yang terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Lateng, Kecamatan/Kabupaten .

Makam ulama asal Negeri Yaman ini tidak pernah sepi dari para peziarah. Apalagi di saat malam Jumat Legi atau hari-hari besar agama Islam maupun hari libur.

Para peziarah ini datang dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar . Mereka ada yang berasal dari Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Surabaya, Jakarta, dan Madura. Bahkan ada yang dari luar pulau Jawa, seperti Lampung, Banjarmasin, dan kota lainnya.

"Setiap harinya rata-rata ada 500 - 1.000 peziarah. Apalagi jika pada malam Jumat Legi, bisa lebih karena ada pengajian rutin," kata H. Moh Reza Pahlefi, Ketua Pengurus Makam Waliyullah Datuk Abdurrahim, Jumat (15/7/2022).

Reza yang juga masih Cicit Datuk Abdurrahim ini menjelaskan bahwasanya para peziarah yang datang, pada umumnya melantunkan do'a tahlil seperti halnya di makam-makam Waliyullah lainnya.

"Semasa hidupnya pada tahun 1800-an, Datuk Abdurrahim juga ikut berjasa dalam mensyiarkan Agama Islam di wilayah Jembrana Bali, , dan wilayah sekitarnya. Beliau juga memiliki kelebihan dan karomah seperti halnya para kekasih Allah lainnya," jelas Reza.

Dengan banyaknya pengunjung yang berziarah ke itu pun, masyarakat sekitar juga mendapat berkah. Banyak warga sekitar yang berjualan bunga tabur, makanan, buah-buahan, dan suvenir di sekitar tempat ini, hingga menjadi tukang parkir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video