Bupati Mojokerto Tekan Stunting Lewat Akses PKK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Mojokerto Tekan Stunting Lewat Akses PKK

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Rabu, 20 Juli 2022 20:51 WIB

Bupati Ikfina saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi terhadap PKK untuk penurunan stunting.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - memacu penurunan angka stunting di wilayahnya. Salah satu caranya, lewat elemen pemberdayaan kesehjateraan keluarga (PKK).

"Rencana aksi penurunan stunting sudah disusun sejak 2018, tahun 2020 kita semua menghadapi pandemi Covid-19, akhirnya dilaksanakan PSBB dan kegiatan posyandu juga dilaksanakan di rumah. Dan, tahun 2021 gelombang Covid-19 lebih besar, makannya dua tahun praktik program ini tidak bisa dilaksanakan dan kita hanya punya waktu tiga tahun," ucap Ikfina, saat menyampaikan materi dalam agenda pelatihan peningkatan kapasitas TP PKK se-kecamatan, di Kantor Kecamatan Jetis, Rabu (20/7) siang.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina juga menjelaskan terkait pemahaman dasar tentang stunting pada balita dalam melaksanakan program penurunan stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto

"Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). Stunting jangka ke depannya adalah berhubungan dengan kecerdasan," tuturnya.

Menurut hasil survei dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), menunjukan bahwa angka stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto sebesar 27,4 persen. Dalam hal ini, Ikfina mengatakan, jumlah real stunting di Kabupaten Mojokerto perlu dikaji ulang dengan cara melakukan monitoring secara langsung baik melalui puskesmas atau posyandu yang sudah ada.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video