Koruptor Apeng Bawa Kabur Rp 54 Triliun ke Singapura, Jokowi Diminta Turun Tangan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Koruptor Apeng Bawa Kabur Rp 54 Triliun ke Singapura, Jokowi Diminta Turun Tangan

Editor: tim
Senin, 01 Agustus 2022 22:32 WIB

Surya Darmadi alias Apeng. Foto: Rmol.di/net

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Presiden Joko Widodo diminta turun tangan dalam kasus kaburnya koruptor kelas kakap, Surya Darmadi atau Apeng, yang kini ditengarahi berada di Singapura. Apeng yang selama ini dikenal sebagai orang terkaya ke-28 di Indonesia itu membawa kabur uang hasil kejahatannya sebesar Rp 54 triliun.

Desakan itu disampaikan Dr Syahganda Nainggolan, Ketua Lembaga Kajian Sabang Merauke Circle (SMC) yang juga mantan aktivis mahasiswa ITB era 80an, di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Syahganda Nainggolan menegaskan bahw Apeng yang dikenal sebagai koruptor kakap itu layak dihukuman mati. "Ini merujuk pada pedoman baru MA tentang ancaman hukuman seumur hidup bagi koruptor, sehingga sebaiknya Apeng diganjar dengan hukuman mati," kata Syahganda Nanggolan dikutip Rmol.id, Senin (1/8/2022)

Syahganda menyebut Perma MA No 1/2022 tentang aturan MA yang membuat struktur hukuman berdasarkan nilai kerugian negara.

Seperti diberitakan, Surya Darmadi atau Apeng adalah pemilik perusahaan raksasa di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit PT Darmex Group yang terafiliasi dalam Duta Palma Group) itu kini menjadi buronan KPK dan Kejaksaan Agung.

Apeng mendirikan pabrik berikut penyulingan dengan perkebunan di kawasan Riau dan Kalimantan. Ia disebut memiliki delapan pabrik yang tersebar di Pekanbaru, Jambi, dan Kalimantan.

Kasus yang melibatkan Apeng ini dimulai sejak 2014 lalu. Ia diduga menyuap Annas Maamun, Gubernur Riau saat itu, untuk mengubah lokasi perkebunan milik PT Duta Palma menjadi bukan kawasan hutan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video