Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Terakhir, Gubernur Khofifah Bagikan Bendera Merah Putih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Terakhir, Gubernur Khofifah Bagikan Bendera Merah Putih

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 13 Agustus 2022 19:47 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan jemaah haji sekaligus membagikan bendera merah putih.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com menyambut kedatangan kloter SUB-38 di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (13/8/22). Dalam kesempatan itu, Khofifah sekaligus membagikan bendera merah putih.

Secara khusus pada 244 yang baru tiba di tanah air tersebut, Gubernur Khofifah meminta untuk mengibarkan bendera merah putih di masing-masing rumah .

"Kita berbagi bendera merah putih, dan kepada ketua kloter yang secara simbolis menerima, saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing," kata Gubernur Khofifah.

Ia menyampaikan bahwa pembagian bendera merah putih ini adalah bagian dari gerakan nasional membagikan 10 juta bendera. Khofifah berharap semua elemen pun melakukan hal yang sama dari mulai kepala desa, lurah, hingga kepala daerah serta masyarakat secara umum.

"Kita juga mengajak agar elemen-elemen instansi vertikal yang bertugas di Jawa Timur juga melakukan hal yang sama," katanya.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan bahwa membagikan bendera merah putih kepada para adalah bentuk penguatan dalam membangun semangat nasionalisme - religius.

"Kita bangun semaksimal mungkin di negeri ini, bahwa mandat dari sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa yang artinya bahwa proses cinta tanah air harus diikuti dengan bagaimana penguatan dari sisi nasionalisme dan religiusitas," jelasnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menerangkan bahwa yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya berjumlah 16.835 orang jamaah haji. Kemudian yang telah kembali pulang ke tanah air melalui 38 kloter ada 16.809 orang .

Adapun 23 jamaah haji embarkasi Surabaya telah wafat saat menjalankan ibadah haji di tanah suci, dan 3 orang saat ini tengah sakit. Dan 2 orang di antaranya tengah menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi dan 1 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Surabaya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video