Begini Cara Warga Kepulungan Pasuruan Atasi Sampah untuk Kenyamanan Lingkungan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Warga Kepulungan Pasuruan Atasi Sampah untuk Kenyamanan Lingkungan

Editor: Rohman
Wartawan: Ahmad Fuad
Selasa, 23 Agustus 2022 14:51 WIB

Suasana pemilahan sampah di RT 01 RW 10, Dusun Betas, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah warga di RT 01 RW 10, Dusun Betas, , Kecamatan Gempol, Kabupaten , tengah bersemangat untuk berinovasi dengan membuat sistem pengelolaan sampah terpadu. Timbunan sampah yang dibuang sembarangan di sungai hingga lahan pekarangan membuat mereka melakukan hal tersebut.

Salah satu pelopornya adalah ketua RT setempat, Heni. Ia bersama rekannya, Fery, awalnya merasa resah dengan aliran sungai yang tertutup tumpukan sampah dan menyebabkan bau tak sedap, ditambah polusi dari asap pembakaran sampah.

"Gerah melihat sampah yang sering dibuang ke sungai. Yang nggak punya tempat juga sering buang sampah ke lahan orang, terus dibakar, asapnya kena tetangganya. Dari situ kami berangan-angan bagaimana agar (sampah) bisa dikelola," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (21/8/2022).

Dari permasalahan sampah di kampungnya, Heni mulai tergerak melakukan perubahan. Bersama dengan Forum Komunikasi Pecinta Lingkungan (FKPL) Kabupaten , dia berdiskusi dengan Pengurus agar dibangun tempat pembuangan sementara (TPS) di Dusun Betas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video