Dana Program Indonesia Pintar akan Cair Bulan Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dana Program Indonesia Pintar akan Cair Bulan Ini

Sabtu, 02 Mei 2015 01:53 WIB

Acara sosialisasi Program Indonesia Pintar. (yuli iksanti/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu serta mendorong keberlanjutan pendidikan anak dari keluarga yang kurang mampu, pemerintah Indonesia memperluas cakupan pemberian bantuan tunai untuk pengeluaran personal pendidikan melalui Program Indonesia Pintar.

Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 sebesar Rp 12,8 triliun yang diberikan pada keluarga pemegang Kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) akan segera bisa dicairkan pada bulan ini. Pemegang kartu KIP adalah keluarga kurang mampu yang memiliki anak usia sekolah dari usia 6-21 tahun, dari pendidikan SD, SMP, SMA/SMK se Indonesia.

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh deputi bidang pendidikan agama kementerian koordinasi bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Agus Sartono di restaurant Rempah jalan Kedungsari, kemarin (1/5) dalam acara Sosialisasi Program Indonesia Pintar.

Lebih lanjut, Agus mengharapkan bahwa KIP yang diberikan untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu ini benar-benar bisa dipergunakan untuk menunjang kebutuhan sekolahnya. "Misalkan untuk membeli sepatu, buku atau keperluan sekolah yang lain, sehingga tidak akan ada alasan bagi keluarga yang kurang mampu untuk tidak menyekolahkan anaknya," tegas Agus.

Penerima KIP saat ini untuk siswa SD/MI sebanyak 11.348.602 siswa, sedangkan siswa SMP/MTs sebanyak 5.270.223 anak, dan jumlah siswa SMA/SMK/MA adalah 3.753.018 anak. Sehingga total jumlah pemegang KIP yang mendapatkan bantuan dana adalah 20.371.843 anak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pendidikan

Berita Terkait

Bangsaonline Video