Hari Aksara Internasional, Gubernur Khofifah Sebut Literasi Digital Sudah Jadi Sebuah Kebutuhan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hari Aksara Internasional, Gubernur Khofifah Sebut Literasi Digital Sudah Jadi Sebuah Kebutuhan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 08 September 2022 20:56 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungin bazaar buku, belum lama ini.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Literasi adalah hal penting sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus sebagai dengan hak asasi manusia. Penegasan ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut  (HAI) tahun 2022. 

Pada momen HAI tahun ini, Gubernur Khofifah mengajak seluruh pihak untuk menggelorakan pentingnya masyarakat dalam berliterasi.

"Saya rasa ini adalah momentum yang tepat bagi kita semua untuk bersama-sama menggelorakan pentingnya literasi, baik literasi dasar, finansial, sampai digital," Katanya di Gedung Negara Grahadi, Kamis (8/9).

Diperingati setiap tanggal 8 September, HAI memiliki tujuan mengajak masyarakat untuk berliterasi. Apalagi tuntutan saat ini adalah literasi digital, sesuai dengan tema HAI 2022 yang diusung , yaitu 'Transforming Literacy Learning Spaces'.

Di Indonesia, tema tersebut diadaptasi menjadi transformasi literasi dalam konteks merdeka belajar. Sudah 2.754 (76%) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Timur yang telah menerapkan implementasi (IKM) mandiri.

"Alhamdulillah, jumlah sekolah jenjang SMA, SMK, dan SLB yang menerapkan IKM mandiri di Jawa Timur ini terbanyak secara nasional," ucapnya.

Khofifah menargetkan seluruh SMA, SMK, dan SLB di Jatim sudah menerapkan IKM mandiri pada semester I - tahun ajaran 2023/2024. Dia menjelaskan, kurikulum ini berpusat pada minat dan bakat siswa dengan model pembelajaran yang berorientasi project based learning.

"Semoga proses pembelajaran siswa di Jatim mampu menjawab kebutuhan kualitas SDM ke depan yang dibutuhkan, amin," tuturnya.

Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim ini, literasi berkontribusi banyak terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berintelektual dan berkarakter. Sebab, literasi berkaitan erat dengan pendidikan yang merupakan kunci peradaban setiap bangsa di seluruh dunia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video