Antisipasi Lonjakan Harga, Gubernur Khofifah Sidak dan Gelar Pasar Murah di Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Antisipasi Lonjakan Harga, Gubernur Khofifah Sidak dan Gelar Pasar Murah di Gresik

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Senin, 17 Oktober 2022 17:48 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat bertanya kepada pedagang ayam potong ketika sidak di Pasar Baru. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, melakukan sidak harga dan operasi pasar di Pasar Baru , Senin (17/10/2022). Langkah ini untuk mengantisipasi inflasi (kenaikan) harga komoditas di pasar yang bisa mengurangi daya beli masyarakat.

Bersama Kepala Disperindag Jatim, beberapa kepala OPD pemprov, dan Wakil Bupati , Gubernur melakukan mengecek yang ada di Pasar Baru.

Dalam tinjauan kali ini, mendapati kenaikan harga sejumlah bahan pokok. Yaitu telur ayam dan beras.

Harga telur naik Rp3.000 menjadi Rp26.000 per kg dari semula Rp23.000. Sedangkan harga beras per 25 kg semula Rp250.000 menjadi Rp260.000.

"Yang kita lihat pergerakan harga di pasar ini pertama adalah kenaikan harga telur ayam di atas HET, dan yang kedua adalah kenaikan beras," tegas Gubernur .

Sementara lainnya cenderung di bawah HET. Seperti harga bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, dan minyak goreng curah.

Harga minyak goreng curah di Pasar Baru sudah turun menjadi Rp12.000 per liter. Sementara HET-nya adalah Rp14.000.

"Karena HET Rp14.000 untuk 1 liter, di sini rata-rata Rp12.000 per liter. Jadi kalau Satu botol Rp18.000, maka itu satu setengah liter," katanya.

Gubernur menerangkan bahwa harga volatile food di Surabaya, Sidoarjo, dan berpotensi mengalami kerentanan. Oleh sebab itu, ia menilai penting untuk menjaga stabilisasi harga pada item-item tertentu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video