Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD, Upaya Disarpus Kota Kediri Tingkatkan Budaya Gemar Membaca | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD, Upaya Disarpus Kota Kediri Tingkatkan Budaya Gemar Membaca

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 20 Oktober 2022 15:47 WIB

Salah peserta lomba bertutur saat menunjukkan kebolehannya di depan juri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui dinas kearsipan dan perpustakaan (disarpus) terus berupaya meningkatkan -anak di Kota Kediri sejak dini. Salah satunya, melalui yang diikuti oleh pelajar SD/MI se-Kota Kediri. Lomba itu dihelat di Perpustakaan Kota Kediri, Kamis (20/10/2022).

Kepala Disarpus Kota Kediri, Hery Purnomo, mengatakan tujuan perlombaan ini juga untuk menumbuhkan dan menciptakan budaya baca bagi anak-anak.

"Dengan digelarnya perlombaan ini, kami berharap anak-anak tidak hanya memiliki minat untuk membaca, tapi menjadikan membaca sebagai suatu kebutuhan. Jika belum dilakukan (membaca, red) akan terasa ada yang kurang," ujarnya.

Menurut Hery, agenda rutin tahunan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, peserta lomba difokuskan untuk menceritakan kembali buku yang telah mereka baca atau bercerita. Tapi di tahun ini, disarpus ingin lebih mengembangkan bakat anak-anak melalui secara monolog atau orator tunggal.

Dalam lomba tahun ini, cerita yang disampaikan oleh anak-anak haruslah yang sudah dibukukan. Sebab, pada penilaian ini ada sesi wawancara yang akan menanyakan seberapa gemar anak membaca dan buku apa saja yang telah ia baca. Termasuk juga buku yang telah ia ceritakan kembali pada ini.

Hery mengklaim peserta pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup besar. "Di tahun sebelumnya jumlah peserta lomba bercerita hanya belasan anak, tapi tahun ini ada 42 peserta, meningkat lebih dari 2 kali lipat dari tahun sebelumnya," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video