Silaturahim dengan Masyarakat Kelahiran Jatim di Aceh, Gubernur Khofifah Perkuat Misi Dagang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Silaturahim dengan Masyarakat Kelahiran Jatim di Aceh, Gubernur Khofifah Perkuat Misi Dagang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 25 Oktober 2022 11:59 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan cenderamata saat misi dagang dan silaturahim dengan warga kelahiran Jatim di Amel Convention Banda Aceh.

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa bersilaturahim dengan masyarakat kelahiran Jatim di Provinsi , Senin (24/10). Acara yang dilaksanakan di Banda Aceh itu bertujuan menguatkan hubungan perdagangan antar daerah.

Forum silaturahim tersebut antara lain bertujuan memperkuat yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi . Misi dagang dilaksanakan hari ini, Selasa (25/10/2022).

"Silaturahmi ini kami harapkan akan menjadi penguat Misi Dagang Jatim dengan . Karena mereka ini rata-rata juga jadi pelaku usaha," tutur Gubernur .

Pada warga kelahiran Jatim yang menghadiri forum ini, menyampaikan bahwa adalah ajang menemukenali komoditas potensial, unggulan, dan andalan yang ada di kedua provinsi.

Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut, pertemuan antar pelaku usaha merupakan proses penting agar besarnya potensi pasar di Indonesia tidak dikuasai komoditas impor dari negara lain. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi digital yang memungkinkan belanja produk luar negeri menjadi sangat mudah dan cepat.

Karena itu, mantan Menteri Sosial ini juga berpesan agar para pelaku usaha, utamanya yang berasal dari Jawa Timur atau warga Jatim yang menetap di Aceh, untuk memahami digitalisasi sistem.

"Jadi digitalisisasi ini harus kita manfaatkan peluangnya. Karena perdagangan secara digital ini memungkinkan kita untuk bisa melanjutkan transaksi yang mungkin besok saat belum tuntas, maka dilanjutkan transaksi secara digital," pungkasnya.

Sebagai informasi, di Provinsi Nanggoe Aceh Darussalam merupakan yang ke-27 sejak awal kepemimpinan - Emil. Baik yang digelar secara offline maupun secara virtual. Mengingat saat pandemi Covid-19 lalu, beberapa kali dilaksanakan secara hybrid.

Berdasarkan data BPS Jawa Timur, transaksi  selama periode 2021 mencapai Rp233,02 trilliun. Sedangkan pada tahun 2022 tercatat 151,37 trilliun, terhitung bulan Januari sampai Agustus. Hal inilah yang menjadikan Gubernur mendorong antar provinsi dan antarpulau bagi pelaku usaha dari Jawa Timur dan provinsi mitra dagang.

Karena silaturahim ini juga bertepatan dengan bulan kelahiran SAW, yaitu bulan Rabiul Awal Tahun Hijriyah, Gubernur juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk menjadikan SAW sebagai referensi dalam berdagang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video