Program CSR Cargill Gresik Komitmen Dukung Tujuan SDGs | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Program CSR Cargill Gresik Komitmen Dukung Tujuan SDGs

Editor: Siswanto
Wartawan: Syuhud
Rabu, 26 Oktober 2022 22:53 WIB

Para narasumber dari PT. Cargill Indonesia-Cocoa and Chocolate Gresik saat memaparkan perkembangan industri dan program CSR dalam media gathering. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT. Cargill Indonesia-Cocoa and Chocolate berkomitmen penuh mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Khususnya, dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Antara lain, penyediaan akses air bersih dan pembangunan fasilitas sanitasi, konservasi mangrove di Kecamatan Manyar, pengembangan bank sampah, revitalisasi infrastruktur pendidikan dan kesehatan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah () batik dan program gizi anak sekolah.

"Di tahun 2022, perusahaan pengolah biji kakao dan coklat berbasis di ini telah menyerahkan bantuan 208 akses air bersih di Kelurahan Kroman, Sidokumpul dan Telogobendung, Kecamatan ," ungkap Admin & Relations Manager PT. Cargill , Adi Suprayitno, Selasa (26/10/2022).

Selain itu, kata ia, Cargill juga menyerahkan program 79 jamban sehat di kelurahan Lumpur dan Sidokumpul, Kecamatan .

"Program ini untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bekerjasama dengan program USAID-IUWASH pada 10 Oktober 2022," tuturnya.

Sebelumnya di 2021, Cargill  juga membantu pengeboran sumur air bersih dan pembangunan tower air untuk 200 sambungan rumah di Desa Manyarsidorukun, Kecamatan Manyar.

Sebab, air bersih dan sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia. Pemenuhan air bersih dan sanitasi yang layak masih menjadi problem di seluruh dunia.

"Karena itulah, pemenuhan atas kebutuhan air bersih, air minum dan sanitasi menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goal’s (SDGs) mulai tingkat Global hingga desa," paparnya.

Dijelaskan ia, pembangunan berkelanjutan tersebut menjadi perhatian Cargill . Sebab, Cargill adalah perusahaan yang bergerak di bidang pangan yang mempunyai komitmen dan tujuan untuk menyediakan gizi kepada dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan termasuk akses air bersih dan sanitasi.

"Bantuan Program CSR berupa fasilitas air bersih dan sanitasi tersebut selain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat, juga diharapkan turut mendukung program SDG’S Desa tujuan ke-6, yaitu desa layak air bersih dan sanitisasi serta tujuan ke 3 desa sehat dan sejahtera," terangnya.

Dikatakan Adi Suprayitno, hingga saat ini, Cargill bekerjasama dengan Biologi ITS juga terus menjalankan program konservasi 6 hektar mangrove di Kalimireng Manyar yang dibagi dalam zona konservasi, zona edukasi dan zona rekreasi sejak Oktober 2021.

Dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup di pemukiman sekitar operational, Cargill juga mengembangkan program bank sampah di Desa Manyar Komplek.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik UMKM

Berita Terkait

Bangsaonline Video