Berbagi Tips Wujudkan ASN BerAKHLAK, Gubernur Khofifah: Parepare Apple to Apple dengan Singapura | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Berbagi Tips Wujudkan ASN BerAKHLAK, Gubernur Khofifah: Parepare Apple to Apple dengan Singapura

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 27 Oktober 2022 13:15 WIB

Gubernur Khofifah saat memberikan pengarahan pada jajaran ASN Pemkot Parepare di BPSDM Jawa Timur, Surabaya, Rabu (26/10/22).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa memberikan pengarahan pada jajaran ASN Pemkot Provinsi, di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur, Surabaya, Rabu (26/10/22).

Di kesempatan tersebut, Gubernur yang merupakan penerima Widyaiswara Kehormatan dari LAN RI ini mengajak segenap ASN Kota untuk tak henti melahirkan inovasi dengan menggunakan pendekatan teknokratis, yaitu paham masalah dan tepat mencari solusinya.

Pertama, terkait pendekatan teknokratis dalam menciptakan inovasi. Ditegaskan Gubernur , pendekatan teknokratis akan menuntut ASN mampu melihat persoalan secara mendasar untuk kemudian dijawab dengan inovasi yang solutif. Makin kompleks tantangan yang dihadapi, makin tinggi pula kadar inovasi dan kompetensi yang harus dimiliki oleh ASN.

"Sebenarnya inovasi adalah sunnatullah. Allah tidak akan mengubah satu kaum sampai kaum itu berubah. Perubahan itu sunnatullah. Maka, inovasi adalah sunnatullah. Inovasi hari ini harus berseiring dengan pemanfaatan teknologi dan digital ekosistem. Karena dengan inovasi dan penguasaan teknologi menunjukkan kita sadar dan paham bahwa pemenuhan kebutuhan untuk menjawab persoalan hari ini dan yang akan datang sangat berkait erat dengan penguasaan teknologi informasi serta inovasi yang kita lahirkan," katanya.

Tak hanya itu, Gubernur juga menyebutkan tentang pentingnya literasi data dan penguasaan big data. Dua hal ini sangat dibutuhkan dalam menghasilkan inovasi program yang presisi dan tepat sasaran.

"Literasi data dan big data membantu kita menciptakan solusi baru untuk kesejahteraan masyarakat lebih cepat dan lebih efektif," ungkapnya.

Selanjutnya dalam pengembangan ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dibutuhkan beberapa prasyarat dasar terkait kompetensi ASN sesuai tugas pokok dan fungsi yang melekat. Program penguatan kompetensi dengan meluaskan jejaring seperti yang saat ini dilakukan bisa menjadi salah satu jawabannya.

“Ada kalanya kita merasa sudah baik, ternyata pihak lain lebih baik lagi. Ada kalanya kita merasa sudah berdaya saing tinggi. Ternyata pihak lain lebih tinggi daya saingnya. Mungkin kita merasa sudah banyak melakukan inovasi. Ternyata pihak lain lebih inovatif. Maka berbagai capaian indeks tertentu yang ter-update secara nasional maupun internasional harus kita jadikan cermin capaian semua ihtiar yang kita lakukan,” tandasnya.

Gubernur yakin bahwa memiliki potensi yang besar. Pasalnya, letak geografis dan kemajuan yang dicapai Kota  saat ini hampir sama dengan Singapura. Kota ini memiliki potensi menjadi hub Indonesia Timur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video