KPU Jatim Ajak Pemilih Segmen Disabilitas di Bojonegoro untuk Berpartisipasi dalam Pemilu 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPU Jatim Ajak Pemilih Segmen Disabilitas di Bojonegoro untuk Berpartisipasi dalam Pemilu 2024

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: M Didi Rosadi
Kamis, 27 Oktober 2022 21:26 WIB

Sejumlah pemilih dari segmen disabilitas di Bojonegoro saat mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih yang digelar KPU Jatim.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Jatim menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih di , Kamis (27/10/2022). Saat itu, penyelenggara pesta demokrasi ini mengajak 50 pemilih dari segmen disabilitas untuk berpartisipasi dalam .

Peran serta mereka dianggap sangat penting, karena menurut Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, para difabel memiliki hak yang sama sebagai pemilih.

“Hak akses yang aksesibel, memberikan suara yang rahasia, menjadi peserta dan penyelenggara Pemilu, serta mendapatkan informasi kepemiluan dan demokrasi,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com.

Menurut dia, pemilih dari segmen disabilitas memiliki kepentingan dalam Pemilu, seperti menyampaikan hak pilih, aksesibel, tidak sekedar menjadi objek, tanpa diskriminatif, dan sebagainya.

Ia menyebut, partisipasi pemilih dari segmen disabilitas pada Pemilu 2019 di Jawa Timur masih rendah, sehingga pihaknya memberikan sosialisasi dan pendidikan terkait hal tersebut. Kontribusi untuk pemilihan presiden dan wakil presiden sebesar 39 persen, anggota DPR sebesar 36 persen, anggota DPD sebesar 36 persen, dan anggota DPRD Provinsi sebesar 37 persen. 

“Apalagi disabilitas memiliki hak yang sama sebagai warga negara, disabilitas memiliki hak untuk paham tentang berbagai hal yang mempengaruhi kehidupan mereka dengan baik. Lalu disabilitas memiliki keterbatasan aktivitas yang secara tidak langsung berdampak pada kesadaran politik, dukungan keluarga terhadap keterlibatan disabilitas dalam pemilu masih relatif kurang, dan keterlibatan disabilitas dalam pemilu memotivasi pemilih lain,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video