9 Negara Raksasa Sepak Bola yang Tidak Lolos Piala Dunia 2022 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Negara Raksasa Sepak Bola yang Tidak Lolos Piala Dunia 2022

Editor: sigit
Kamis, 27 Oktober 2022 22:23 WIB

Timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022. (foto: azzurri)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tak ada nama-nama beken seperti Federico Chiesa, Jorginho maupun sang kiper fenomenal Gianluigi Donnarumma di Piala Dunia 2022 Qatar. Padahal Gli Azzurri baru saja menjadi juara Euro 2020.

Italia yang sebelumnya superior justru melempem lantaran gagal mengunci satu tiket usai takluk di babak playoff. Skuad Roberto Mancini kalah dari tim gurem Makedonia Utara.

Ada beberapa negara besar langganan Piala Dunia yang gagal tampil karena satu dan lain hal, mengakibatkan mereka absen di ajang empat tahunan tersebut.

Berikut daftar delapan negara kuat yang gagal tampil di perhelatan di Piala Dunia 2022.

1. Italia

Kekalahan mengejutkan 0-1 melawan Makedonia Utara membuat kecewa para penggemarnya. Betapa tidak, predikat juara Euro 2020 membuat Leonardo Bonucci dan kolega seharusnya bisa lolos dengan mudah ke Piala Dunia 2022.

Namun, satu-satunya kesempatan pun terbuang begitu saja ketika mereka kalah dengan tim non-unggulan melalui babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kegagalan Italia di Piala Dunia menambah panjang catatan kelam mereka setelah sebelumnya juga absen di Piala Dunia 2018 Rusia. Juara Piala Dunia sebanyak empat kali itu harus mengubur impian dalam-dalam karena gagal terbang ke Qatar untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

2. Republik

Sama seperti Italia, Republik juga harus mengubur impian tampil di Piala Dunia 2022 akibat kekalahan tipis 0-1 kontra Swedia. Hasil itu membuat Tomas Soucek dan kawan-kawan kembali harus menyaksikan Piala Dunia 2022 dari layar kaca.

Kali terakhir lolos ke Piala Dunia pada 2006 di Jerman lalu. Saat itu beberapa pemain top seperti Pavel Nedved, Milan Baros, Peter Cech, Karel Poborsky hingga Jan Koller mengisi daftar susunan pemain.

3. Pantai Gading

Sederet nama tenar pesepakbola seperti Eric Bailly, Franck Kessie, Serge Aurier, Nicolas Pepe hingga Sebastian Hallers tidak menjamin Pantai Gading lolos ke Piala Dunia 2022.

Buktinya, peluang mereka terhenti setelah di laga akhir kualifikasi kalah melawan Kamerun dengan skor 0-1 pada 16 November tahun lalu.

Bagi Pantai Gading, kegagalan tahun ini adalah melengkapi penderitaan pada 2018 lalu, dimana pada tahun itu Pantai gading juga gagal lolos ke Piala Dunia.

Padahal sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia, Pantai Gading selalu ikut partisipasi di Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.

4.

Untuk kedua kalinya harus mengakui keperkasaan Senegal. Setelah menyerah di final Piala Afrika beberapa bulan lalu, Mohamed Salah dan kolega kali ini absen di Piala Dunia 2022 usai disingkirkan Senegal yang diperkuat rekan setimnya dulu di Liverpool, Sadio Mane.

Pertandingan yang ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain agregat 1-1, menempatkan Senegal sebagai pemenang sekaligus mengamankan satu tiket ke Qatar setelah menang 3-1.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video