Warga Jatim yang Terserang Varian Omicron XBB Sembuh, Khofifah:Jangan Panik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Jatim yang Terserang Varian Omicron XBB Sembuh, Khofifah:Jangan Panik

Editor: tim
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 28 Oktober 2022 19:05 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan tenaga medis. Foto: humas pemprov jatim

MADIUN, BANGSAONLINE.com – Seorang warga Jawa Timur yang terkonfirmasi kasus Sub ternyata sudah sembuh.Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa minta warga Jawa Timur tidak panik berlebihan. Ia minta tetap tenang tapi harus memperketat protokol kesehatan diri sendiri.

“Saya sudah konfirmasi dengan Kadinkes Jatim, Institute of Tropical Disease Unair dan sesuai dengan informasi dari Pak Menkes pada Rabu (26/10) lalu bahwa satu kasus Sub ada di Jawa Timur,” tegas di sela-sela Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Madiun, Jumat (28/10) siang.

Menurut dia, hingga Jumat (28/10), hasil dari genomic sequencing menunjukkan terdapat satu kasus Sub terkonfirmasi di Jatim. Pasien itu seorang wanita berusia 29 tahun. Pasien terkonfirmasi merupakan transmisi luar Jatim.

Khofifah mengaku telah memerintah Dinas Kesehatan Provinsi Jatim serta Satgas Jatim untuk terus memantau sekaligus melakukan tracing mendetail bagi kontak erat pasien. Karena Sub memiliki tingkat penularan yang cepat.

“Pasien saat terinfeksi gejalanya ringan. Seluruh kontak erat sudah dilakukan testing dan hasilnya negatif. Pasien saat ini sudah dinyatakan sembuh alias terkonversi negatif” tegasnya.

Khofifah menjelaskan bahwa Sub ini tercatat mengalami lonjakan kasus yang signifikan di beberapa negara, utamanya Singapura.

“Di tengah kondisi cuaca musim hujan saat ini, saya menghimbau agar masyarakat juga bisa menjaga pola hidup sehat, yang tujuannya untuk menjaga imunitas tubuh. Jangan panik, jaga prokes, dan pola hidup sehat, maka hati tenang, imun terjaga"

Khofifah juga menghimbau masyarakat bisa divaksinasi booster, karena seperti contoh kasus XBB yang telah ditemukan ini, gejala yang muncul ringan karena dia sudah divaksin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video