Hadiri Bimtek BPD Cerme, Wakil Bupati Gresik Ungkap Faktor Pembangunan Desa Mandiri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadiri Bimtek BPD Cerme, Wakil Bupati Gresik Ungkap Faktor Pembangunan Desa Mandiri

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 30 Oktober 2022 14:36 WIB

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, bersama Camat Cerme, Umar Hasyim, dan sejumlah kepala OPD saat hadir di Bimtek BPD. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , , menghadiri bimbingan teknis badan permusyawaratan desa (BPD) Kecamatan , Sabtu (29/10/2022) malam. Saat itu, ia mengatakan bahwa salah satu faktor dalam membangun desa mandiri adalah sektor pelayanan desa.

"Pelayanan tersebut merupakan tolak ukur dalam menunjang kebutuhan warganya, salah satu kriteria desa mandiri adalah, Infrastruktur memadai, SDM baik, juga pelayanan umum. Khusus dalam pelayanan, BPD harus mengawasi secara langsung. Sehingga menuju desa mandiri menjadi tidak sulit," ujarnya.

"Saat ini, Kabupaten menempati urutan ke-3 dalam capaian Indeks Desa Membangun (IDM) di Jawa Timur. Urutan ke-21 dalam skala nasional. Dari 330 desa di Kabupaten , ada 153 desa mandiri, 156 desa maju, dan sisanya masih desa berkembang. Sehingga ini menjadi PR kita bersama untuk bisa mewujudkan desa mandiri," paparnya menambahkan.

Menurut dia, desa wisata kini tengah menjadi topik utama dalam pengembangan desa mandiri dalam skala nasional. (sapaan akrab ) menyatakan, untuk mewujudkan desa mandiri tidak harus menjadi desa wisata.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video