Ribuan Aremania Ngeluruk Kejari Batu, Tuntut Keadilan Tragedi Kanjuruhan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ribuan Aremania Ngeluruk Kejari Batu, Tuntut Keadilan Tragedi Kanjuruhan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Adi Wiyono
Selasa, 01 November 2022 20:54 WIB

Unjuk rasa ribuan Aremania di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Batu diterima langsung oleh Kajari Agus Rujito.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga dan suporter mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu di Jalan Sultan Agung, Selasa (1/11/2022). Berangkat dari Alun-Alun , kedatangan mereka untuk menuntut keadilan atas korban Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022.

Ada 5 tuntutan dari para nia. Pertama, meminta kejaksaan untuk bersikap adil dan transparan serta akuntabilitas dalam menangani kasus tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 yang sudah menyebabkan 135 korban jiwa dan ribuan lainnya mengalami luka fisik dan psikologis.

Kedua, meminta kejaksaan khususnya mengawasi ketat dan memberikan perlindungan kepada jajarannya yang ditugasi dalam menangani kasus tragedi Kanjuruhan dari segala bentuk tekanan, rayuan, intimidasi, dan cara-cara kotor lainnya dari pihak- pihak yang bertujuan dan menginginkan untuk tidak objektif dan profesional. Sehingga, cenderung mengaburkan fakta-fakta lapangan dan fakta hukum, hanya demi kepentingan individu, kelompok, maupun golongan tertentu saja.

Ketiga, meminta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur untuk menolak dan mengembalikan berkas perkara yang disampaikan oleh Penyidik Polda Jatim, agar tidak P-21. Dikarenakan belum ada tersangka penembak gas air mata dan 'dalang' sebagai penyebab utama jatuhnya korban tragedi stadion Kanjuruhan. Menurut nia, hingga saat ini pengusutan kasus tidak sesuai fakta lapangan dan fakta hukum yang ada.

Keempat, mereka meminta kejaksaan agar memasukkan Pasal 338 dan 340 KUHP atas nama keadilan dalam penegakan hukum kasus Tragedi Kanjuruhan.

Kelima, meminta dan memohon kepada kejaksaan agar bisa dan dapat menangkap dan mengadili seluruh pihak-pihak yang secara langsung maupun tak langsung bertindak dan membuat jatuhnya korban jiwa 135 meninggal dunia dan ribuan lainnya luka-luka. Baik fisik maupun psikis, dalam tragedi kelam stadion Kanjuruhan untuk diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video