20 Kabupaten Meriahkan Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

20 Kabupaten Meriahkan Festival Dewi Cemara dan Pekan Kebudayaan Daerah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Kamis, 03 November 2022 14:22 WIB

Salah satu kesenian ditampilkan dalam Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara) dan Pekan Kebudayaan Daerah.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara) dan Pekan Kebudayaan Daerah resmi dibuka oleh pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan membunyikan kentongan secara bersama, Rabu (2/11/2022) kemarin.

digelar hingga hari ini (3/11/2022), bertempat di Desa Pucang Anak Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur Sinarto Eskar menyampaikan bahwa festival tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Pemprov Jatim dan Pemkab Trenggalek. Festival itu diikuti oleh 20 kabupaten di seluruh Jatim.

Dewi Cemara Jatim telah mendapatkan apresiasi nasional dari (). Adapun yang mendapat apresiasi nasional berasal dari Kabupaten Blitar, Sumenep, Trenggalek, dan Bondowoso.

"Ini luar biasanya," ujar Sinarto Eksar, Rabu (2/11/2022).

Ia mengungkapkan, saat ini di Jatim sudah ada 573 . Dari jumlah itu, 22 desa di antaranya berhasil mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat pada tahun lalu.

"Tahun ini tematiknya adalah menggelar warisan budaya tak benda dan di Jawa Timur lebih dari seratus diakui oleh nasional. Artinya apa, sudah diakui dan ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Pemerintah Republik Indonesia," jelasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Edy Suprayitno menyampaikan bahwa Pemkab Trenggalek juga telah mencanangkan seratus (sadewa).

"Sejak tahun 2021, 35 sudah dikembangkan. Kemudian tahun 2022 ini 35 , sisanya nanti tahun 2023," kata Edy.

Menurut Edy, terdapat ciri khas tersendiri dalam pengelolaan di Trenggalek, di mana tiap diampu oleh satu organisasi perangkat daerah (OPD).

Lokasi di Kabupaten Trenggalek secara umum berada di kawasan hutan milik Perhutani. Untuk mengelolanya, Pemkab Trenggalek telah menjalin kerja sama dengan Perhutani setempat.

Dalam kesempatan tersebut Pemprov Jatim juga memberikan bantuan sarana produktif pariwisata sebesar Rp50 juta kepada 10 dan memberikan piagam apresiasi pada 10 .

Berikut ini yang mendapatkan bantuan sebesar 50 juta dari Pemprov Jatim:

1. Desa Wisata Agrosari B29 Lumajang

2. Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

3. Desa Wisata Tamansari Banyuwangi

4. Desa Wisata Geni Langit Magetan

5. Desa Wisata Serang Blitar

6. Desa Wisata Ngadas Malang

7. Desa Wisata Sanankerto Malang

8. Desa Wisata Gubuk Klakah Malang

9. Desa Wisata Pujon Kidul Malang

10. Desa Wisata Kelurahan Sidokumpul Gresik

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video