Situs Candi Adan-Adan di Kabupaten Kediri Digali Lagi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Situs Candi Adan-Adan di Kabupaten Kediri Digali Lagi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 11 November 2022 19:32 WIB

Proses penggalian situs candi di Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Situs Candi Adan-Adan yang berada di Dusun Genuk dan Dusun Candi, Desa Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten , mulai digali lagi. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan titik-titik yang dimungkinkan untuk ditampilkan.

Kasi Museum dan Purbakala Dinas Periwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten , Eko Prianto, mengatakan bahwa saat ini memang sedang dilakukan penggalian di beberapa titik di sana untuk menentukan mana yang sekiranya layak untuk ditampilkan. 

"Program ini sebenarnya sudah diagendakan sejak dulu, yaitu untuk melakukan pemanfaatan dan pengembangan. Ini nanti dibuka, tapi sebatas ukuran 8x6 atau 8x4. Setelah dipastikan titik-titiknya, akan dilakukan pencukupan. Jadi nantinya masyarakat yang ingin melihat seperti apa sih (Candi Adan-Adan) bisa ketahuan bentuknya seperti ini," ujarnya, Jumat (11/11/2022).

Ia menyebut, penggalian akan diakhiri bila sudah bisa diketahui titik mana yang akan ditampilkan, dan jika sudah diberi cungkup (rumah-rumahan), selanjutnya akan dibuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat.

"Nantinya pengelolaan situs candi Adan-Adan ini, akan dilakukan oleh Juru Pelihara (Jupel) yang ditujuk dinas," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video