Deteksi Dini Gangguan Penglihatan pada Siswa, Pemkot Kediri Gandeng Guru di Workshop Kesehatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Deteksi Dini Gangguan Penglihatan pada Siswa, Pemkot Kediri Gandeng Guru di Workshop Kesehatan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 18 November 2022 15:05 WIB

Kepala Dinkes Kota Kediri, Fauzan Adima. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guru menjadi perpanjangan tangan Pemkot dalam upaya preventif dan deteksi dini gangguan penglihatan pada anak usia sekolah. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota , pemerintah daerah setempat menggelar workshop kesehatan indera penglihatan bagi guru sekolah, Jumat (18/11/2022).

Sebanyak 100 orang guru di tingkat SD, SMP, SMA serta petugas kesehatan dari puskesmas se-Kota dilibatkan dalam agenda tersebut. Kepala Dinkes Kota , Fauzan Adima, membenarkan hal ini.

"Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan teknologi digital mencakup segala aspek kehidupan, tak terkecuali di dunia pendidikan. Terlebih, saat ini HP digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Untuk itu, perlu adanya pengawasan dalam pemanfaatan teknologi digital, karena juga berpengaruh pada kesehatan indera penglihatan," paparnya.

“Tidak bisa dipungkiri di era digital saat ini, hp juga menjadi media pembelajaran bagi anak-anak. Dalam pemakaiannya, hal tersebut tentu harus diawasi agar kesehatan indera bisa terjaga. Kalau dinasihati orang tua mereka kadang kurang memperhatikan, tapi kalau guru yang menasihati biasanya lebih patuh,” tuturnya menambahkan..

Ia menyebut, workshop ini melibatkan Muhammad Rosyid Ridlo dari RS Daha Husada dan dr. Imam Taufiq dari Dinkes Kota sebagai narasumber yang menjelaskan terkait faktor penyebab, solusi, dan cara mengatasi gangguan penglihatan terutama terkait kebiasaan siswa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video