Ibu Baru Wajib Tahu, ini 4 Tips Memandikan Newborn Baby | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ibu Baru Wajib Tahu, ini 4 Tips Memandikan Newborn Baby

Editor: Redaksi
Jumat, 18 November 2022 21:48 WIB

Ilustrasi. Foto: Thinkstock

BANGSAONLINE.com - Ada banyak hal baru yang harus dipelajari saat memiliki bayi yang baru lahir ( ). Terutama jika ini adalah momen di mana pertama kalinya Anda menjadi seorang ibu.

Bayi yang baru dilahirkan memang memerlukan perawatan khusus dan juga kesabaran yang ekstra. Mulai dari cara memandikan, menggendong, hingga cara memberinya ASI. Ada banyak orang tua baru yang masih belum memahami bagaimana cara yang benar untuk memandikan buah hatinya.

Ada pula yang masih gugup saat memandikan bayi. Padahal, memandikan buah hati merupakan salah satu skil yang wajib dimiliki setiap orang tua.

Namun, Anda jangan khawatir karena produk Baby Bath Seat yang multifungsi dari Murmur bisa membantu Anda dalam hal ini. Bagaimana tips memandikan ? Yuk, simak 4 tips memandikan bayi sebagai berikut!

1. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Ada banyak hal yang harus diketahui tentang bagaimana memandikan yang tepat agar para orang tua bisa melakukannya dengan lancar.

Sebelum proses memandikan dimulai, Anda terlebih dulu harus mempersiapkan semua perlengkapan. Letakkan semua peralatan mandi itu di tempat yang relatif mudah untuk dijangkau, misalnya di dekat bak mandi bayi.

Anda harus menyiapkan peralatan esensial untuk memandikan bayi seperti permukaan yang aman dan datar, seperti meja tempat bayi ganti pakaian. Handuk, alas ganti, gayung, kain yang lembut untuk menyeka, baju, dan popok pengganti. Pastikan air yang Anda gunakan suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Bak mandi si kecil sebaiknya diisi air hangat dengan suhu sekitar 32 celcius dan air dengan ketinggian 7 cm.

2. Pelajari Secara Bertahap

Setelah semua perlengkapan disiapkan, baringkan si kecil di handuk atau alas ganti. Buka bajunya perlahan-lahan. Topang tubuh dan kepala si kecil dengan satu tangan, sementara tangan lainya menyangga tubuh bagian bawah.

Letakkan si kecil secara perlahan ke bak mandi dimulai dari kaki. Pastikan satu tangan Anda tetap menyangga kepala dan punggung bayi, sementara tangan lain membersihkan tubuh bayi.

Anda harus berhati-hati karena tubuh bayi yang baru lahir masih sangat lunak. Karena itu, Anda tak boleh sembarangan dalam menopang atau menggendongnya. Pastikan Anda menopangnya dengan posisi yang tepat. Jaga kepala bayi supaya posisinya berada di atas air.

Bersihkan tubuh si kecil dengan kain lembut atau kapas yang dicelup air hangat. Mulai dari wajah dan tubuh secara perlahan.

3. Gunakan Pembersih Soap Free

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video