Pemkab Gresik Ingin Wujudkan Daerah Ramah Lansia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Gresik Ingin Wujudkan Daerah Ramah Lansia

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Senin, 21 November 2022 21:15 WIB

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (kanan), bersama Ummi Khoiroh selaku kepala dinas sosial saat sosialisasi Kawasan Ramah Lansia. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab ingin mewujudkan daerah ramah lanjut usia (lansia). Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati , Aminatun Habibah, saat membuka Sosialisasi Kawasan Ramah Lansia yang diadakan dinas sosial (Dinsos) setempat, Senin (21/11/2022).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak lansia di Kabupaten ," kata Bu Min (sapaan akrab Wakil Bupati ).

Lewat sosialisasi ini, diharapkan melahirkan regulasi yang memiliki manfaat luas kepada lansia di Kota Pudak. Sebab, jumlah lansia di cukup besar dan mereka memerlukan perhatian lantaran masuk dalam kelompok rentan.

Berdasarkan data badan pusat statistik (BPS), tercatat jumlah lansia di pada 2021 sebanyak 162,355 jiwa atau 12 persen dari total populasi penduduk. Jumlah ini kemungkinan besar akan bertambah seiring dengan terus naiknya angka harapan hidup di Kota Pudak. 

Angka harapan hidup terus naik dari tahun ke tahun, dan pada 2020 tercatat 72,66 persen serta 72,67 persen pada 2021. Menurut Bu Min, pertumbuhan lansia dan angka harapan hidup yang cukup signifikan menandakan bahwa program-program terkait pelayanan kesehatan dan program peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang telah dicanangkan pemerintah beberapa tahun ke belakang sudah cukup berhasil.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video