Gubernur Khofifah Kenalkan Turots Ulama Nusantara dan Kontribusinya untuk Keilmuan Dunia di Riyadh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Kenalkan Turots Ulama Nusantara dan Kontribusinya untuk Keilmuan Dunia di Riyadh

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 28 November 2022 13:12 WIB

Gubernur Khofifah saat mengenalkan Turots Ulama Nusantara di Cultural Palace Diplomatic Quarter Riyadh Saudi Arabia.

RIYADH, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur,  Indar Parawansa mulai mengenalkan manuskrip karya ulama Indonesia dan kontribusinya untuk keilmuan serta peradaban dunia di  dalam gelaran Indonesia Week 2022. 

Ia pun menggelar seminar dan pameran 'Intellectual Heritage and Contribution of Indonesian Scholars to The Islamic Civilization' di Cultural Palace Diplomatic Quarter Saudi Arabia, Minggu (27/11/2022).

Di sana, gubernur memamerkan karya-karya manuskrip kuno ulama nusantara. Mulai karya Syaichona Muhammad Kholil Bangkalan, karya Syaikh Nawawi Al Bantani, karya Syaikh Hasyim Asyari Jombang, Syaikh Mahfud At-Tarmasi Pacitan, Syaikh Ihsan Jampes Kediri, juga ada pula karya KH Abu Fadhol Senori Tuban.

"Kegiatan hari ini adalah bagian penting dalam babat alas menggali keunggulan ulama besar Indonesia yang kontribusinya signifikan untuk keilmuan dunia, termasuk di Arab Saudi," kata .

Ia menegaskan, kontribusi ulama Indonesia bahkan sudah dimulai sejak abad ke-14 dan banyak kitab-kitab dilahirkan dan juga banyak ulama Indonesia yang wafat di sini, seperti Syeikh Nawawi Al Bantani, memiliki 30 karya kitab

Namun, kata , yang sudah terdigitalisasi baru enam kitab, sehingga yang bisa diakses masyarakat baru enam dari 30 kitab. Begitu juga dengan karya Syaichona Kholil, dari 32 kitab karya ulama asal Bangkalan tersebut, baru dua yang sudah terdigitalisasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video