7 Akibat Dehidrasi pada Tubuh yang Patut Diwaspadai! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

7 Akibat Dehidrasi pada Tubuh yang Patut Diwaspadai!

Editor: Sigit
Senin, 28 November 2022 15:48 WIB

Pusing merupakan salah satu dampak dari dehidrasi atau kekurangan cairan. (foto: Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dehidrasi merupakan kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan fungsi tubuh tidak berjalan secara normal.

Kondisi dehidrasi sebaiknya harus Anda waspadai. Pasalnya, terdapat begitu banyak akibat yang ditimbulkan akibat tubuh mengalami dehidrasi. Adapun salah satu ancaman dehidrasi terhadap kesehatan tubuh seperti sembelit atau susah buang air besar.

Tak bisa dipungkiri, air merupakan kebutuhan penting yang sangat diperlukan oleh manusia. Bahkan, kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%. Sehingga, ketika kebutuhan asupan cairan tersebut tidak tercukupi, maka akan timbul berbagai masalah pada tubuh.

Oleh karenanya, penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, salah satunya dengan menerapkan kebiasaan minum air putih rutin setidaknya 8 gelas sehari.

Namun, tahukah Anda apa saja ancaman dehidrasi bagi tubuh? Untuk lebih jelas, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Akibat Dehidrasi Bagi Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air merupakan kebutuhan pokok paling utama dalam tubuh manusia. Maka dari itu, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai hal pada tubuh, diantaranya:

1. Jantung Berdebar

Akibat dehidrasi yang pertama adalah membuat jantung Anda terasa berdebar-debar. Sebab, saat dehidrasi atau kekurangan cairan, akan menyebabkan terjadinya perubahan kadar elektrolit dalam tubuh dan menyulut jantung berdebar.

2. Rasa Pusing Berputar

Selanjutnya, akibat kekurangan cairan atau dehidrasi adalah Anda akan mengalami gangguan pusing berputar. Bahkan pada sebagian orang, rasa pusing berputar tersebut akan terasa seperti mau pingsan dan melayang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video