Dorong Peningkatan Kinerja Ekspor Jatim, Gubernur Khofifah Gelar Misi Dagang di Riyadh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dorong Peningkatan Kinerja Ekspor Jatim, Gubernur Khofifah Gelar Misi Dagang di Riyadh

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 29 November 2022 10:25 WIB

Gubernur Khofifah saat memberi sambutan dalam Misi Dagang di Riyadh, Arab Saudi.

RIYADH, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus berupaya memperluas akses pasar perdagangan bagi pelaku usaha di Jawa Timur. Kemarin, ia memimpin gelaran Misi Dagang Jatim dengan pelaku usaha di , Arab Saudi, Senin (28/11/2022).

Gubernur mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan kegiatan strategis, dan diharapkan menarik investasi serta meningkatkan berbagai komoditas unggulan dari Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan pasar perdagangan di Arab Saudi.

"Terima kasih pada KBRI di yang juga memberikan support demi kelancaran Misi Dagang Jatim di . Terima kasih juga kepada Pemerintah Saudi Arabia, khususnya Provinsi . Di awal Misi Dagang Jatim di ini, hampir semua produk yang ditawarkan telah mencatatkan transaksi dan mendapatkan mitra distributor," paparnya.

"Komitmen investasi juga kita peroleh. Alhamdulillah ada permintaan untuk bussines trip ke Jatim agar mengenal potensi dan peluang lebih konkrit setidaknya dalam satu setengah sampai dua bulan ke depan," tuturnya.

Menurut dia, ini adalah awalan yang baik karena Misi Dagang yang mempertemukan pelaku usaha dari berbagai bidang di Jatim dan , khususnya tir dan importir serta distributor ini tidak akan selesai dalam waktu misi dagang saja. Melainkan juga masih akan berjalan secara virtual.

Lebih lanjut, gubernur perempuan pertama Jatim ini mengatakan bahwa ada komoditas Jatim yang potensial mengisi pasar Saudi Arabia, khususnya berbagai produk makanan minuman industri kecil menengah.

Ia optimis, Misi Dagang Jatim di akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada wilayah yang dipimpin. Pada pelaku usaha yang hadir, menyampaikan bahwa investasi di Jatim dijamin untung, karena didukung infrastruktur yang baik dan kondusif.

Sebab pertumbuhan ekonomi Jatim terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dan iklim usaha di Jatim yang kondusif mendorong investasi terus tumbuh di Jawa Timur.

"Pertumbuhan ekonomi Jatim di luar sektor non migas adalah yang tertinggi diantara provinsi di pulau Jawa dimana pada Triwulan III 2022 tumbuh 6,13 persen. Begitu juga dengan pertumbuhan investasi di Jatim yang hampir dua kali lipat dibandingkan pertumbuhan investasi secara nasional pada semester I tahun 2022 year on year 69,2 persen sedangkan nasional 35,5 persen," tandasnya.

Di Jatim saat ini juga telah ada tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Ada KEK JIIPE di Gresik, KEK bidang IT di Malang, dan juga Kawasan Industri Halal di Sidoarjo. Ia berharap dengan potensi kuat Jatim bisa meyakinkan pelaku usaha di Arab Saudi untuk memperkuat hubungan perdagangan dengan Jatim.

Di sisi lain, Gubernur mengaku memiliki alasan tersendiri memilih Arab Saudi sebagai negara pertama tujuan Misi Dagang. Saat ini Saudi Arabia tercatat sebagai negara kedua terbesar tujuan utama Ekspor Jatim ke wilayah Timur Tengah setelah Uni Emirat Arab.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video