Kepala BNPT Ajak Mahasantri di Ponpes Lirboyo Kediri Jauhi Sikap Intoleransi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kepala BNPT Ajak Mahasantri di Ponpes Lirboyo Kediri Jauhi Sikap Intoleransi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 29 November 2022 21:22 WIB

Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar, saat memberi kuliah umum di Ponpes Lirboyo Kediri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan (), Komjen Pol Boy Rafli Amar, memberi kuliah umum bertajuk 'Upaya Pesantren Dalam Mencegah , , Radikalisme dan Ideologi Transnasional di Indonesia' di Pondok Pesantren (Ponpes) , Kota , Selasa (29/11/2022).

Berbicara dihadapan para Masyayikh dan mahasantri di Aula Muktamar NU Ponpes , Boy mengatakan bahwa saat ini sudah berkembang virus yang berbahaya selain Covid-19, yakni intoleransi.

"Nah, sekarang virus intoleransi, radikal terorisme juga mulai berkembang. Mindset warga negara (terutama) anak-anak muda dicoba dipengaruhi agar kita menjadi bangsa yang intoleran yaitu sikap abai atau rasa ketidakpedulian terhadap eksistensi orang lain," ujarnya.

Padahal, kata Boy, bangsa Indonesia ini dilahirkan menjadi bangsa yang bertoleransi karena sudah jelas ideologi negaranya yaitu Pancasila, sudah jelas keberagaman dalam beragama tidak ada masalah, sudah jelas perbedaan suku bangsa yang sampai 1300, tapi kita tetap kompak bersatu.

"Karena kita sudah diajarkan bahwa intoleransi yang dikembangkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu adalah intoleransi yang bersifat transnasional, maka kita harus hati-hati," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengajak jangan sampai dasar berpikir bangsa Indonesia yang sudah bagus kemudian harus terpengaruh dengan pola pikir yang intoleransi itu. Karena dengan berpikir intoleransi pada akhirnya dia akan naik tingkat menjadi radikal teror.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video