4 Stadium Gejala HIV yang Harus Diwaspadai | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

4 Stadium Gejala HIV yang Harus Diwaspadai

Editor: Sigit
Rabu, 30 November 2022 22:03 WIB

Penggunaan narkoba (NAPZA) suntikan adalah faktor besar dalam penyebaran infeksi HIV (foto: Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - HIV atau Infeksi human immunodeficiency virus merupakan virus yang menyerang atau melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lemah dan rawan terkena penyakit.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani sejak tahap awal bisa berkembang menjadi AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome.

Penularan HIV/AIDS terjadi melalui dua jalur yaitu lewat darah dan cairan kelamin. Penyakit ini bisa menular lewat hubungan seks gonta-ganti pasangan, penggunaan pisau cukur atau jarum suntik tidak steril, sampai penularan dari ibu hamil yang terinfeksi HIV/AIDS melalui plasenta ke janin.

Dilansir dari laman resmi RS Soewandhi Surabaya, berikut ini adalah ciri gejala yang muncul pada seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS:

Gejala HIV/AIDS

Stadium 1

Fase stadium satu disebut sebagai infeksi HIV asimtomatik dimana indikasi HIV awal masih tidak terasa. Fase tahap ini tidak memperlihatkan gejala karena belum masuk kategori sebagai AIDS. Apabila ada gejala yang sering terlihat adalah pembengkakan kelenjar getah bening di sejumlah bagian tubuh seperti leher, lipatan paha, dan ketiak. Pada fase ini penderita atau ODHA masih terlihat wajar dan sehat namun penderita sudah terkontaminasi serta dapat menularkan virus tersebut ke orang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video