Atasi Limbah Organik, Pemkab Gresik Dukung Produksi Massal Eco Enzyme | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Atasi Limbah Organik, Pemkab Gresik Dukung Produksi Massal Eco Enzyme

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Kamis, 01 Desember 2022 20:20 WIB

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat membuat Eco Enzyme. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab mendukung produksi massal eco enzyme yang berbahan dari sampah organik. Langkah ini untuk mengurangi keberadaan sampah di Kota Pudak.

Untuk mendukung hal tersebut, Wakil Bupati , Aminatun Habibah bersama Ketua TP PKK , Nurul Haromain Ali Fandi Akhmad Yani, ikut memproduksi massal di Gedung Pramuka, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari perwakilan 18 kecamatan se-Kabupaten . Ditambah partisipasi dari Pramuka Kwartir Cabang dan Relawan Indonesia (REEI) .

Bu Min (sapaan akrab Wakil Bupati ) mengatakan bahwa program CSR dari untuk menjaga lingkungan ini merupakan sebuah langkah yang cemerlang. Sebab, upaya melestarikan lingkungan penting dilakukan untuk menanggulangi kerusakan maupun bencana alam.

"Ini sangat luar biasa, karena kita bisa mengurangi sampah. Karena sampah ini sudah menjadi fokus utama tidak hanya di tapi juga dunia. Makanya, apabila ada inovasi seperti ini ayo kita saling bersinergi dalam mensukseskannya," tuturnya.

Ia menjelaskan, produksi dapat menjadi media Pramuka dalam mengembangkan diri di sektor kebersihan lingkungan.

"Produksi yang dilakukan di Gedung Pramuka ini akan diawasi prosesnya oleh anggota Pramuka sendiri. Ini juga merupakan sebuah kesempatan dalam membentuk Pramuka yang produktif menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Nurul mengatakan bahwa tempat pembuangan akhir (TPA) saat ini sudah penuh. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat di Kota Pudak dalam pengendalian sampah.

"Kita juga harus mensosialisasikan pengolahan sampah kepada masyarakat dengan metode 3R, reduce (mengurangi), re-use (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang)," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video