Ini Penyebab Amburadulnya Distribusi Pupuk di Bangkalan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ini Penyebab Amburadulnya Distribusi Pupuk di Bangkalan

Editor: Siswanto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Sabtu, 03 Desember 2022 23:08 WIB

Ketua ADPI Bangkalan, Abdurahiem.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Amburadulnya pengelolaan dan distribusi di terungkap saat giat Focus Group Disscution (FGD) di Gedung Merdeka, Sabtu (3/12/2022). Agenda tersebut diinisiasi anggota DPRD Jatim dari , Mathur Husairi.

Dalam kegiatan ini dijelaskan polemik mulai dari distribusi yang tidak transparan, harga tak sesuai HET (harga eceran tertinggi) yakni Rp150 ribu per sak, yang dijual ke daerah lain, alokasi terbatas, dan petani tidak terdaftar dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK).

"Saya meminta ketegasan dari pihak Indonesia untuk menindak jika ada distributor, kios, atau sejumlah pihak, baik dari distributor, kepala desa, dan petani yang melakukan kecurangan atas distribusi di harus diberikan sanksi," kata Ketua Asosiasi Distributor (ADPI) , Abdurahiem.

Sementara itu, Sekjen Asosiasi Kepala Desa , Jayus, meminta agar para distributor untuk tidak melakukan monopoli dan diharapkan membuka peluang untuk para distributor lainnya. Ia juga mengusulkan agar BUMD dan BUMDes ikut menjadi distributor agar masyarakat lebih mudah mendapatkannya.

"BUMN seperti kok menyerahkan sepenuhnya (terkait distribusi ) ke swasta, padahal anak asuh BUMN adalah BUMD dan harus bergandengan tangan. Sehingga, ketika dua badan usaha itu difungsikan akan mendukung kebutuhan petani, apalagi di BUMDes tidak kekurangan tenaga kerja," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video