Viral Penipuan Kirim Foto Paket Melalui WA Padahal APK Berbahaya, Saldo Rekening Terkuras! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Viral Penipuan Kirim Foto Paket Melalui WA Padahal APK Berbahaya, Saldo Rekening Terkuras!

Editor: Sigit
Rabu, 07 Desember 2022 16:27 WIB

Modus Penipuan melalui Wa kirim foto paket berisi file APK berbahaya yang akan kuras rekening. (foto: Instagram)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Modus penipuan melalui WA yang sekarang lagi sedang ramai diperbincangkan. Berkedok kurir jasa ekspedisi yang mengirim file foto paket, penipu akan memperdayai korban mendownload 'foto paket' tapi ternyata file APK berbahaya yang akan menguras isi rekening. Baru-baru ini di sebuah akun media sosial, @evan_neri.tftt , seorang pemerhati kejahatan siber membagikan screenshot dengan pembelajaran di keterangan.

"Ini modus kejahatan siber yang baru. Pelaku yang pura-pura dari jasa ekspedisi kemudian mengirimkan file dengan ekstensi APK. Kalau tidak jeli dan hanya melihat judul file saja, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya. Perhatikan dulu ekstensinya apa. File dengan ekstensi APK merupakan aplikasi yang berjalan untuk OS android" ujar Evan.

Dalam perkara ini, Evan menjelaskan korban terlanjur mengunduh file tersebut. Tanpa disadari, saldo di rekening korban langsung ludes seketika. Sementara korban mengaku tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user id maupun password di situs lain.

"Diduga file yang dikirim pelaku dan diunduh oleh korban tersebut adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data-data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau dengan kata lain di dalam dunia hacking dikatakan SNIFFING," kata Evan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video