9 Makanan Khas Lamongan yang Populer dan Terkenal Lezat, Ada Es Batil | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Makanan Khas Lamongan yang Populer dan Terkenal Lezat, Ada Es Batil

Editor: Sigit
Selasa, 13 Desember 2022 20:54 WIB

Es Batil merupakan salah satu makanan khas Lamongan yang terkenal nikmat (kredit foto: IG lamongantourism)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di pantai utara Jawa Timur, Kabupaten Lamongan ternyata memiliki makanan khas yang unik dan menggoyang lidah. 

Bagaimana tidak, kota yang terbagi menjadi 27 kecamatan dan 476 desa ini memiliki sajian kuliner dengan cita rasa khas yang berbeda dengan makanan di daerah lain.

Bahkan, kamu akan dengan mudah menemukan warung makan lamongan di tepi jalan mana pun di Pulau Jawa.

Makanan khas Lamongan memang patut untuk dicoba dan dibawa oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Jawa Timur.

Berikut BANGSAONLINE.com rangkum dari berbagai sumber, 9 makanan khas Lamongan yang populer dan terkenal lezat.

1. Nasi Boranan

Makanan khas Lamongan yang pertama adalah Nasi Boranan. Nama Boranan sendiri berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang mirip bakul lalu digendong. Oleh masyarakat, tempat nasi tersebut dikenal dengan nama Boran.

Nasi Boranan merupakan sejenis nasi campur yang terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek. Pelengkap lain yang terdapat pada sajian ini adalah pletuk (kacang dan remah nasi aking) dan empuk (tepung yang digoreng).

Bumbu yang terdapat dari Nasi Boranan terdiri dari berbagai rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan.

Lauk Nasi Boranan lainnya ada daging ayam, ikan bandeng, jeroan, telur dadar, tahu, tempe, dan telur asin.

2. Marning

Makanan khas Lamongan juga terkenal dengan camilan atau empeng. Bahan dasar Marning terbuat dari jagung yang dikeringkan, kemudian digoreng hingga menjadi kering. Camilan ini bisa jadi pilihan buah tangan yang awet dan disukai banyak orang.

Marning dari daerah Lamongan mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Banyak sekali penjual Marning yang mudah ditemukan di Lamongan. Hampir di tiap gerai pusat oleh-oleh, Anda bisa mendapatkan makanan kecil yang nikmat ini.

3. Keripik Sunduk

Makanan yang satu ini terbuat dari ikan Sunduk. Jenis ikan yang sering dijumpai di perairan Lamongan. Ikan Sunduk mempunyai bentuk seperti ikan kakap atau tenggiri. Keripik Sunduk menjadi sajian olahan seafood andalan di Lamongan.

Harganya yang relatif murah membuat Keripik mudah ditemukan di toko oleh-oleh atau pasar. Makanan khas Lamongan Jawa Timur cocok untuk dijadikan bawaan untuk keluarga dan merupakan makanan yang tahan lama.

4. Jumbrek

Sama seperti Keripik Sunduk, Jumbrek juga merupakan makanan khas Lamongan dari daerah pesisir utara yaitu Paciran.

Berbentuk kerucut yang dibungkus oleh daun Siwalan, camilan yang satu ini terbuat dari tepung beras, gula aren, dan kelapa ini sangat mudah ditemukan di tempat penjualan oleh-oleh.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video