7 Wisata Budaya Lamongan yang Perlu Anda Ketahui | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

7 Wisata Budaya Lamongan yang Perlu Anda Ketahui

Editor: Sigit
Sabtu, 24 Desember 2022 22:46 WIB

Tari Boran merupakan salah satu wisata budaya Lamongan yang wajib dilestarikan. (foto: lamongantourism.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lamongan merupakan salah satu kota yang memiliki garis pantai yang ada di wilayah Administratif Provinsi Jawa Timur.

Mempunyai daerah pesisir membuat tempat ini memiliki cuaca yang panas namun tentunya terdapat beberapa destinasi wisata bisa menjadi pilihan ketika momen liburan tiba.

Selain populer akan destinasi wisata alam dan kuliner, namun kabupaten yang memiliki luas wilayah kurang lebih 1.812 km² persegi ini juga terkenal akan wisata budaya.

Berikut 7 wisata budaya Lamongan yang perlu anda ketahui.

1.

berada di lahan seluas 4 hektar di komplek Makam Sunan Drajat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini. 

Museum yang dikelola Pemkab Lamongan ini mengoleksi benda-benda peninggalan Sunan Drajat yang biasanya digunakan sebagai sarana agama Islam dan benda bersejarah lainnya. Selain itu, koleksi benda antik yang berasal dari sumbangan dari warga Lamongan juga ada di museum ini.

Dibangun dengan harapan agar masyarakat dapat mengingat sejarah penyebaran Agama Islam di daerah Lamongan, wisata budaya yang satu ini tidak menarik biaya alias gratis bagi pengunjung yang ingin melihat isi di dalam museum.

Terdapat sejumlah koleksi seperti Kitab Al-Qur'an, bedug, gamelan, hingga kain tenun yang menjadi koleksi museum yang dibuka pada 30 maret 1992.

2.

Monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia-Belanda ini berlokasi di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan. Pembangunan wisata budaya ini dilakukan pada bulan Oktober 1936 sesuai dengan prasasti yang tertempel di monumen tersebut.

Pendirian merupakan bentuk penghargaan Penjajah Belanda kepada masyarakat yang ada di Lamongan. Kondisi dari museum ini pun masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

3.

merupakan salah satu tari khas Kabupaten Lamongan yang pernah menyabet juara umum Parade Tari Nusantara Tingkat Nasional pada tahun 2007 silam. Tari ini menceritakan tentang kegiatan keseharian para pedagang Nasi Boran. 

Nasi Boran sendiri merupakan salah satu makanan khas Lamongan, dan tarian ini menjelaskan secara lengkap hingga pada saat pedagang menjajakannya kepada para pembeli.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video