9 Pantai di Lamongan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Pantai di Lamongan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Editor: Sigit
Minggu, 25 Desember 2022 10:35 WIB

Pantai Lorena merupakan salah satu pantai di Lamongan yang menawarkan pesona keindahan alam bahari. (foto: lamongantourism.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang terletak di pantai utara Jawa Timur. Sebagian daerah pesisirnya berupa perbukitan.

Kabupaten yang satu ini membentang di garis pantai sepanjang 47 kilometer, membuat kawasan ini memiliki perairan laut seluas 902,4 kilometer persegi

Hal tersebut membuat kota yang terkenal dengan masakan khas soto ini, memanfaatkan luas pantainya untuk menjadi potensi wisata yang menawarkan pesona alam guna menarik banyak wisatawan.

Lamongan memang menjadi salah satu wilayah yang mempunyai banyak destinasi wisata termasuk wisata bahari.

Berikut 9 pantai di Lamongan yang wajib dikunjungi saat liburan.

1.

Terletak di wilayah Pantura atau pantai utara membuat kabupaten yang satu ini juga memiliki sejumlah wisata pesisir yang menarik untuk dikunjungi salah satunya yaitu .

sendiri berlokasi di Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Terdapat hamparan pasir putih, air laut yang bersih nan jernih serta deburan ombak tenang yang dikelilingi rimbunan pohon bakau membuat terasa masih asri dan alami.

Keberadaan pohon bakau di area juga terbilang sangat unik.

Meski tumbuh tidak beraturan, rimbunan pohon bakau tersebut berjajar indah sehingga sangat cocok sebagai spot foto yang Instagramable.

2.

Apabila Anda sedang berada di Lamongan dan mencari pantai untuk mengisi kegiatan liburan panjang tidak ada salahnya mampir ke .

Berlokasi di Dusun Klayar, Desa Sidokelar, Kecamatan Paciran, Lamongan, destinasi wisata ini merupakan surga tersembunyi yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Pemandangan alam pesisir ini memiliki keindahan yang masih asri. Adanya rimbunan pohon bakau yang menghiasi kawasan pantai ini memberikan kesan teduh. Ditambah air lautnya yang jernih dan bersih menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3. Pantai Pengkolan Kandang Semangkon

Destinasi wisata yang satu ini terletak di pesisir pantai utara kabupaten yang tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan (WBL),

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan kaki menyusuri batu karang yang sudah mati apabila air laut sedang surut. 

Tidak seperti pantai di Lamongan pada umumnya, di pantai Pengkolan Kandang Semangkon ini tidak berpasir, melainkan dipenuhi serpihan bebatuan dan karang yang sudah mati. Bahkan ada yang membentuk seperti pulau mini yang didalamnya terdapat gazebo untuk istirahat para wisatawan.

Untuk menikmati keindahan pantai Pengkolan ini, wisatawan harus melewati gang kecil menuju pelabuhan pendaratan ikan Desa Kandang Semangkon yang lebarnya kurang lebih 3-4 Meter.

4.

Nama pantai yang satu ini berasal dari nama desa dan letak pantainya, yaitu singkatan yang diambil dari bahasa Jawa “LORE NAnjan” yang mempunyai arti sebelah utara desa Penanjan.

Lokasi pantai yang strategis membuat pantai ini selalu ramai wisatawan apalagi saat di libur akhir pekan. Daya tarik yang membuat wisatawan berkunjung ke tempat ini adalah menikmati matahari terbenam atau hanya sekedar melepas lelah sambil menikmati panorama pantai.

5.

Tempat wisata terletak di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pantai yang berada di pesisir pulau Jawa tersebut berdekatan dengan atau Wisata Bahari Lamongan, , dan Pantai Delegan Gresik.

Di kawasan pinggir pantai terdapat sejumlah gubug-gubug bambu yang menggunakan atap daun kering. Ada pula beberapa gubug yang dibangun diatas laut seakan menambah keindahan panorama .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video