Romokalisari Adventure Land, Surga Penikmat Wisata Adrenalin | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Romokalisari Adventure Land, Surga Penikmat Wisata Adrenalin

Editor: Redaksi
Senin, 26 Desember 2022 21:53 WIB

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, bersama istrinya saat mencoba Wahana Perahu Kano di Romokalisari Adventure Land.

TULISAN INI TELAH MEMENANGKAN LOMBA KARYA JURNALISTIK YANG DIGELAR OLEH PEMKOT SURABAYA PADA TAHUN 2022 KATEGORI MEDIA CETAK DENGAN PREDIKAT JUARA 3

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Suka wisata adrenalin? Silakan datang ke Romokalisari Adventure Land (RAL) di barat. Lokasinya jauh dari kebisingan Jalan Raya Tambak Oso Wilangon. 

Letaknya di Jl Rusunawa Romokalisari, Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo, Kota . Tepatnya di kawasan pesisir Teluk Lamong yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Gresik sisi utara.

Mengusung konsep wisata petualangan, RAL perpaduan wisata bahari, eduwisata, ekowisata, wanawisata, wisata olahraga, hingga wisata kuliner. Konsep wisata alam yang digagas Wali Kota , Eri Cahyadi, secara cerdas dan cermat itu, sengaja dikemas sedemikian rupa yang bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung atau wisatawan. 

Agar menarik wisatawan internasional, Pemkot sengaja menggandeng Seadoo Safari , operator wahana jet ski berstandar internasional. Siapa sangka? tempat itu awalnya hanya sentra ikan dan disulap menjadi destinasi wisata alam berkonsep petualangan. 

Dengan konsep yang disiapkan matang, kita seakan tak sadar bahwa ini di . Bukan di Bali dengan Pantai Sanurnya, bukan di Batu dengan Jatim Park-nya, atau di Pasuruan dengan Cimory Dairyland-nya.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, RAL merupakan sentra ikan bernama Sentra Ikan Romokalisari (SIR). SIR waktu itu diresmikan wali kota sebelumnya, Tri Rismaharini pada 10 Desember 2020 lalu.

Saat ini, ada tujuh wahana di RAL yang siap memberi keseruan. Ada arena berkuda, sepeda air, perahu wisata, perahu kano, perahu sekoci, ATV, hingga jet ski. Tiketnya terjangkau. Mulai mulai Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu.

Jet ski, misalnya, tiketnya memang agak mahal. Kisarannya Rp1 hingga Rp3 juta. Tak hanya jarak tempuh. Sensasinya memang luar biasa. Pengunjung bisa sendirian berjet ski, atau berdua.

Ada pula wahana mini zoo dan playground. Yang ini, gratis. Pengunjung cukup membeli pakan rusa berupa kacang panjang yang bisa diperoleh di dekat wahana tersebut. Ini mengingatkan kita dengan wahana di Taman Flora atau Kebun Bibit, Bratang, .

Masih banyak wahana di RAL yang masih dalam tahap pengembangan. Itu bisa dilihat dari pembangunan area peternakan dan perikanan yang masih berlangsung hingga tulisan ini dibuat. Sedangkan wahana lain yang juga masih dalam tahap pembangunan, kandang kelinci, kura-kura, hingga domba hias.

Usai menjajal semua wahana itu, wisatawan bisa ke sentra kuliner. Menu makanan khas dan Jawa Timur tersedia. Soto, kepiting, penyetan, hingga ikan asap. Ditambah minuman es kelapa muda. Semuanya itu bisa dinikmati bersama keluarga, teman, pasangan, atau rekan kerja, sambil menyaksikan view Pulau Galang dengan sejumlah satwa burungnya. View yang sangat indah juga bisa disaksikan waktu malam dengan kerlap-kerlipnya Terminal Teluk Lamong.

Lelah dan capek usai mendayung perahu kano menyusuri tengah hutan mangrove, mengayuh sepeda air di danau, berkuda, mengendarai ATV, atau ber-jet ski ria hingga ke Jembatan Suramadu, akan terbayar lunas.

Masih banyak wahana di Wisata Alam RAL yang masih dalam tahap pengembangan. Itu bisa dilihat dari pembangunan area peternakan dan perikanan yang masih berlangsung, hingga tulisan ini dibuat. Sedangkan wahana lain yang juga masih dalam tahap pembangunan yakni kandang kelinci, kura-kura, hingga domba hias.

Kehadiran investor, sangat dinanti agar RAL bisa lebih berkembang lagi dan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi ratusan warga MBR yang terlibat di dalamnya.

Libatkan 100 MBR, Latih Nelayan

Lokasi RAL yang berdekatan dengan Rusunawa Romokalisari itu, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemkot memberdayakan para penghuninya. Ada 100 orang dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dilibatkan dalam operasional RAL.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Antiek SUgiharti mengatakan, 100 orang MBR warga Rusunawa Romokalisari tersebut memang tenaganya disiapkan untuk dilibatkan dalam pengelolaan RAL. Mulai dari tempat parkir, operator wahana, stan makanan dan minuman, stan suvenir, keamanan, hingga ada yang direkrut Seadoo Safari .

"Memang wahana yang kita siapkan, termasuk stan makan-minum, suvenir dan sebagainya itu adalah untuk pelibatan MBR yang ada di aset kita. Prinsipnya, dari MBR, oleh MBR, dan untuk MBR. 100 orang ini mereka bergerak semua dalam pengelolaan Romokalisari Adventure Land," ujar Antiek kepada HARIAN BANGSA belum lama ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video