BPBD Kediri Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem, di Tarokan ada Longsoran Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPBD Kediri Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem, di Tarokan ada Longsoran Batu

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 30 Desember 2022 10:44 WIB

Longsoran batu yang menimpa rumah salah seorang warga diduga akibat cuaca ekstrem yang sedang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Cuaca ekstrem yang diprediksi bakal terjadi di Kabupaten Kediri, sudah mulai dirasakan warga, khususnya di Kecamatan Tarokan. Longsoran batu besar terjadi di pada 28 Desember 2022 malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Kediri, Edy Suprapto, menduga longsoran batu besar itu terjadi akibat hujan deras dan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri. Longsoran itu mengakibatkan kerusakan rumah salah satu warga.

Meski tak ada korban jiwa, BPBD terus memberikan imbauan dan informasi terkait itu kepada seluruh pihak termasuk pihak kecamatan.

"Kami memprediksi hujan deras akan mengguyur Kabupaten Kediri dan sekitarnya menjelang pergantian tahun dan itu perlu diwaspadai," ujar Edy, Jumat (30/12/2022).

Dengan intensitas tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan adanya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor utamanya di daerah Lereng Gunung Kelud dan Wilis.

“Kita (Pemerintah Kabupaten Kediri) mengimbau kepada masyarakat harus waspada. Dan mengikuti petunjuk dari pemerintah maupun BMKG,” tuturnya.

Sesuai dengan analisis BMKG, Kabupaten Kediri masuk dalam wilayah di Jawa Timur yang masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video