Selain Jeroan, Ini 7 Makanan yang Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selain Jeroan, Ini 7 Makanan yang Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

Editor: Sigit
Rabu, 04 Januari 2023 19:58 WIB

Udang merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. (foto: Pexels)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kolesterol merupakan sekumpulan lemak yang memiliki peranan penting dalam mengamankan jaringan tubuh. Akan tetapi, kadar kolesterol yang dibutuhkan tubuh pun ada batasnya.

Apabila jumlah kolesterol melebihi batas yang diperlukan, ini bisa membawa dampak resiko terkena penyakit kronis. Salah satu penyumbang kolesterol menjadi naik dalam tubuh yaitu makanan.

BACA JUGA:

Makanan yang menjadi sumber utama penyebab kolesterol ini umumnya sering dijumpai sehari-hari. Disebut tinggi kolesterol, karena makanan tersebut berpeluang menambah kadar kolesterol jahat (LDL), contohnya seperti makanan jeroan.

Kadar kolesterol LDL yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah dan membentuk plak.

Plak tersebut nantinya menjadi penghambat aliran darah dalam tubuh, sehingga mudah menimbulkan penyakit kronis, salah satunya penyakit kardiovaskular.

Melansir dari Kemenkes, berikut sejumlah makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

1. Otak Sapi 

Otak Sapi adalah sumber makanan pemicu kadar kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol yang terdapat dalam 10 gram otak Sapi bisa mencapai 2.500 mg. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewan yang mempunyai lemak jenuh yang tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah, ikan, dan jenis makanan sehat lainnya.

2. Hati

Kandungan yang terdapat dalam 100 gram hati setidaknya memiliki 564 mg kolesterol atau terdapat 188 % dari konsumsi kolesterol harian. Dalam 1 ons hati yang diolah menjadi hidangan setidaknya mengandung 311 mg kolesterol.

3. Gorengan

Makanan satu ini diolah dengan cara digoreng yang pastinya mengandung kolesterol, apalagi jika digoreng dengan memakai minyak yang sudah dipergunakan berkali-kali.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video