Survei Pilpres Belum Banyak Kejutan, Gajar Kuat di Surabaya, Eri Masuk Kandidat Pilgub Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Survei Pilpres Belum Banyak Kejutan, Gajar Kuat di Surabaya, Eri Masuk Kandidat Pilgub Jatim

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Arianto
Jumat, 13 Januari 2023 09:26 WIB

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) Ikhsan Rosidi bersama Surokim Abdus Salam saat memaparkan hasil survei. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) baru digelar tahun 2024, nama terus menjulang dan jadi favorit di Surabaya. Gubernur Jateng memuncaki perolehan elektabilitas pilihan presiden 34,6%.

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior Surabaya Survey Center () Ikhsan Rosidi berdasarkan hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya.

“Untuk Surabaya, elektabilitas sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat. Jauh melampaui nama-nama kandidat lain seperti Prabowo Subianto, Tri Rismaharini atau Anies Baswedan,” kata Ikhsan, Kamis (12/1/2023).

Ikhsan menambahkan, elektabilitras Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 16,3%, serta Tri Rismaharini 10,7%, Anies Baswedan memeroleh 9,3%. Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen. Yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,9%, Puan Maharani 3,5%, Erick Thohir dengan 3,3%, diikuti Ridwan Kamil dengan 3,2%, Sandiaga Uno 2,0%.

"Kemudian ada Gubernur Jatim, I.P., dan Andika Perkasa yang keduanya 1,4%, Airlangga Hartarto dengan 1,3%, Mahfud MD 0,8%, Muhaimin Iskandar 0,6%. Sementara yang menjawab lainnya ada 0,8%," imbuhnya.

Meski demikian, Ikhsan mengungkapkan jika ceruk di masyarakat Surabaya untuk bursa capres masih terbuka. Di survei elektabilitas kali ini, 6,9% memilih tidak tahu dan tidak menjawab, yang berarti masih menyisakan ceruk yang potensial yang masih dapat diperebutkan ke depannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video