Gandeng PTPN Xl, PT RPN akan Bangun Pabrik Pupuk Hayati Bioneensis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gandeng PTPN Xl, PT RPN akan Bangun Pabrik Pupuk Hayati Bioneensis

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Zahrotul Maidah
Jumat, 20 Januari 2023 22:23 WIB

Petugas saat meninjau lokasi yang akan dibangun pabrik pupuk hayati bioneensis.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) bakal membangun pabrik hayati Bioneensis. Anak usaha holding perkebunan III (Persero) itu kali ini bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara () Xl.

"Saat ini masih tahap pengurusan perizinan dan legalitas. Untuk pembangunan pabrik rencananya di wilayah kerja XI HGU Kencong, Jember dengan kapasitas produksi sebesar 1.000 ton per bulan atau 12.000 ton per tahun," kata Direktur Xl, Tulus Panduwidjaja, saat meninjau lokasi bersama tim dari PT RPN, Kamis (19/1/2023).

Ia menjelaskan, kapasitas produksi hayati bioneensis sudah mencapai kurang lebih 50.000 ton per tahun melalui 5 pabrik, yakni 2 di Sumatera Utara, 1 di Yogyakarata dan 1 di Jawa Timur.

Sedangkan permintaan bioneensis tahun ini mencapai 80.000 ton. Pasar utama Bioneensis tahun 2023 yaitu dengan permintaan 64.000 ton sedangkan swasta dan retail sebesar 16.000 ton, yang menjangkau pulau Sumatera, kalimantan, Jawa, dan Papua.

"Dengan potensi pasar sangat luas dan terus meningkat, maka diperlukan pembangunan pabrik Bioneensis," ucap Tulus.

Ia menyebut, skema yang ditawarkan yaitu XI sebagai penyedia tempat dan bahan baku (blotong) dan PT RPN sebagai penyedia investasi, modal kerja, operasional produksi Bioneensis, dan pemasaran.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video