Nasikh: Bahaya Radikalisme Tumbuh Sejak Usia Pelajar, Bukan saat Dewasa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Nasikh: Bahaya Radikalisme Tumbuh Sejak Usia Pelajar, Bukan saat Dewasa

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Catur Andi Erlambang
Sabtu, 21 Januari 2023 12:37 WIB

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tumbuh suburnya moderasi beragama harus dimulai dari yang paling bawah, karena karena bahaya laten radikalisme muncul dan tertanam sejak usia pelajar bukan saat sudah dewasa.

Hal itu ditegaskan oleh H. Abdullah Nasikh, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, dalam sambutan acara Deklarasi Sekolah Toleransi SMPN 1 Waru Sidoarjo, Sabtu, 23 Januari 2023. Nasikh mengapresiasi apa yang dilakukan oleh dalam program pencegahan dan toleransi.

Sebagaimana dijelaskan Ketua Komunitas Seni Budaya Brang Wetan, Henri Nurcahyo, program Cinta Budaya Cinta Tanah Air ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 dan berlangsung dua tahap hingga berakhir tahun 2023 ini.

Lima sekolah yang menjadi penerima manfaat adalah SMPN 1 Taman, MA Nurul Huda Sedati, SMPN 1 Taman, di mana ketiganya sudah melaksanakan deklarasi sekolah toleransi dan segera disusul oleh SMPN 1 Gedangan dan SMAN 1 Gedangan.

Abdullah Nasikh berpesan agar toleransi dan sikap ramah tidak hanya dijadikan sebagai slogan. Bangsa ini butuh pendidikan yang berbudaya dan berkarakter bukan sekadar pendidikan yang formalistik. Karena itu niat untuk menumbuhkembangkan budaya toleransi, keramahtamahan, dan andap asor perlu diapresiasi.

"Jangan hanya berhenti di seremonial dan deklarasi, tapi disupport dan menjadi kesatuan manunggal dengan program kedinasan secara utuh," ujar Nasikh.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video