Sukseskan Gemapatas, BPN dan Pemkot Batu Pasang Tiga Patok di Bumiaji | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sukseskan Gemapatas, BPN dan Pemkot Batu Pasang Tiga Patok di Bumiaji

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Adi Wiyono
Jumat, 03 Februari 2023 20:08 WIB

Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (tengah) bersama forkopimda saat memasang patok batas tanah.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat turut andil menyukseskan pencanangan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (gemapatas). Hal itu dilakukan dengan memasang tiga tanda patok secara simbolis di , Kecamatan , Jumat (3/2/2023)

Pemasangan tiga patok dilakukan oleh Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama Kepala Kantor BPN Kota Batu Haris Suharto.

Haris Suharto mengatakan, program ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga tanda batas tanah. Tujuannya, guna meminimalkan konflik berupa cekcok atau sengketa tanah.

Untuk Kota Batu, BPN telah memasang 200 patok tanah dalam pencanangan gemapatas yang dilakukan secara serentak bersama daerah lain se-Indonesia dengan target sebanyak 1 juta patok batas bidang tanah. Gerakan tersebut merupakan upaya untuk mempercepat program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang digagas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Di Kota Batu, kegiatan ini satu rangkaian dengan PTSL, agar masyarakat memiliki kepastian hukum kepemilikan tanah sehingga sengketa atau konflik bisa dihindari,” kata Haris.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video