Tingkatkan Penerimaan Pelajar ke PTN, Humas Unej: Guru BK Harus Mampu Petakan Kemampuan Siswa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Penerimaan Pelajar ke PTN, Humas Unej: Guru BK Harus Mampu Petakan Kemampuan Siswa

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 10 Februari 2023 18:02 WIB

Kunjungan Unej dan Polije ke Unej Kampus Kota Pasuruan yang mengagendakan pertemuan dengan MGBK Probolinggo dan Pasuruan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Guru BK harus mampu memetakan kemampuan siswa dan mengarahkan untuk persebaran pilihan dalam menentukan program studi (prodi) saat seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Sehingga, satu pilihan jurusan atau prodi tidak terlalu terkonsentrasi dan memperketat persaingan.

Hal itu disampaikan Wakil Koordinator Humas Universitas Negeri Jember (), Rokhmad Hidayanto, di depan perwakilan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Probolinggo dan Pasuruan, saat melakukan kunjungan ke Kampus Kota Pasuruan, Kamis (9/2).

Menurut Rokhmad, pemetaan kemampuan siswa sejak dini dapat meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di PTN. Sebab, ada jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) pada penerimaan mahasiswa baru yang segera dibuka pada 14-28 Februari 2023.

"Yang memilih program studi tersebut ribuan, sementara kuotanya terbatas. Maka, tentu saja banyak yang gagal diterima," ujarnya pada pertemuan tersebut.

Karena itu, ia menyarankan agar siswa mencoba memperluas pilihan program studi, dengan mulai melirik program studi lainnya yang juga tidak kalah keren.

"Apalagi, dengan skema merdeka belajar - kampus merdeka yang dikembangkan Ditjen Dikti Kemendikbudristek, maka memungkinkan mahasiswa mempelajari banyak ilmu di luar program studi yang ditekuni. Bahkan mendapatkan kesempatan mendapatkan pengalaman di luar kampus," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video