Kajari Jember Paparkan Program Jaga Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kajari Jember Paparkan Program Jaga Desa

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Yudi Indrawan
Rabu, 22 Februari 2023 18:55 WIB

Kajari Jember, I Nyoman Sucitrawan, saat menyampaikan program Jaga Desa.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kajari , I Nyoman Sucitrawan, menyampaikan program jaga desa kepada kepala desa/lurah di Kota Suwar-Suwir, Selasa (21/2/2023). Program tersebut merupakan bagian dari inovasi yang dikerjakan oleh Kejaksaan dalam upaya pencegahan dan penanganan penyimpangan dana desa oleh Kades maupun Lurah. 

Saat itu, Nyoman mengatakan bahwa kepala desa maupun lurah merupakan Raja Kecil di daerah, sebab menurut sudut pandang dari hasil MoU antara Mendagri, Kepolisian, dan Kejaksaan, tentang penegakan hukum, menyiratkan keistimewaan kepada mereka.

"Arti dari Raja Kecil ini cukup berat, karena Kades atau Lurah lah yang membawahi massa di desa, membawa aspirasi dari desa, maka nama bapak/ ibu, nama keluarga bapak/ ibu lah, taruhannya, dikala menduduki jabatan itu," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pesan dari Jaksa Agung, mengenai perlakuan istimewa terhadap kasus yang menimpa Kades maupun Lurah. Pesan dari Jaksa Agung kepada segenap Kepala Kejaksaan di masing- masing daerah tersebut, adalah perintah untuk selalu berhati- hati dan mencermati ulang pada setiap laporan dari masyarakat yang mencatut Kades atau Lurah.

"Khusus dalam penanganan laporan atau pengaduan terkait dugaan penyimpangan pengelolaan keuanga desa, agar mengedepankan upaya preventif, pencegahan sebagai perwujudan azas, yaitu pemidanaan sebagai upaya terakhir," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video