Tekuni Budi Daya Bonsai, Pria di Kediri ini Raup Omzet Jutaan Rupiah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tekuni Budi Daya Bonsai, Pria di Kediri ini Raup Omzet Jutaan Rupiah

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 28 Februari 2023 10:47 WIB

Harianto saat menunjukkan bonsai jenis saeng simbur Vietnam super mikro yang dibanderol Rp1 Juta. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketekunan Hariyanto (45), warga Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten , dalam membudidayakan bonsai yang dilakukan sejak 2016 lalu, kini telah membuahkan hasil. Dari bisnis tersebut, Hariyanto bisa mengantongi omzet jutaan rupiah setiap bulannya.

Bermula dari hobi, kini Hariyanto bisa memasarkan bonsai hasil budi dayanya sampai ke Pulau Dewata. Dengan memanfaatkan media sosial, ia juga melayani pengiriman bonsai hampir ke seluruh kota besar di Pulau Jawa.

Di samping Pulau Bali, pesanan bonsai milik Hariyanto banyak datang dari kota besar seperti Surabaya, Malang, Jakarta.

Menurutnya, tanaman bonsai yang ia budi dayakan rata-rata berukuran mungil hingga paling kecil. Ia sengaja membudidayakan bonsai berukuran sangat kecil atau mame dengan tinggi kurang dari 15 cm, hingga ukuran kecil atau small 16 hingga 30 cm. Hal ini dikarenakan banyak pendatang baru atau peminat bonsai pemula.

Ada beberapa jenis bonsai yang dibudidayakannya, seperti saeng simbur vietnam super mikro, waru, serut, cemoro, iprik, sakura mikro, asem, kulmus, bucida atau zaitun, mentaos, dan yang lain.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video