Eco-Dropbox, Solusi Pengelolaan Sampah dari Petrokimia Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Eco-Dropbox, Solusi Pengelolaan Sampah dari Petrokimia Gresik

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 28 Februari 2023 19:22 WIB

SEVP Operasi PG, I Ketut Rusnaya (dua dari kiri); Ketua PIKA PG, Atik Widiati (empat dari kiri); dan Kepala DLH Gresik, Sri Subaidah (dua dari kiri) saat meresmikan Waste Segregation Dropbox di Petrokimia Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia  meluncurkan Eco-Dropbox, program kerja sama dengan PT Rekosistem sebagai terobosan untuk pengelolaan sampah di lingkungan perusahaan.

Direktur Utama Petrokimia , Dwi Satriyo Annurogo, mengatakan bahwa program tersebut ialah salah satu cara yang dilakukan Insan Petrokimia untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Ia menjelaskan, perangkat Eco-Dropbox yang bernama Waste Station sementara akan dipasang di lingkungan perusahaan sebagai pilot project, tapi tidak menutup kemungkinan nantinya dikembangkan untuk masyarakat dengan melibatkan pemerintah daerah setempat.

"Ada 5 Waste Station yang diletakkan di area perusahaan. Bagi karyawan yang mau memilah sampah, dan memasukkannya ke dalam Waste Station di area perusahaan sesuai ketentuan, mereka akan mendapatkan dana e-wallet. Ini akan menjadi solusi untuk meperbaiki sistem pengelolaan sampah lebih baik dan efisien," ujarnya, Selasa (28/2/2023).

Teknisnya, kata Dwi, karyawan pertama kali harus memilah antara sampah anorganik dan minyak jelantah. Sampah anorganik yang dimaksud antara lain plastik, kertas, kaca, dan sampah berupa perangkat elektronik (e-waste) seperti handphone rusak, serta sampah berbahan logam (metal).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video